26 Nov 2009

Selamat Hari Raya Idul Adha 1430 H

Kepada teman-teman sesama muslim, saya mengucapkan "Selamat hari raya Idul Adha 1430 h, mohon maaf lahir dan bathin".
Barangkali selama kita bergaul di dunia maya ini ada kesalahan, yang disengaja ataupun tidak, kata yang menyinggung perasaan maupun tulisan yang kurang berkenan.
Untuk itu mohon dimaafkan.

19 Nov 2009

Waspadai DBD Di Sekitar kita

Sepertinya sekarang hampir memasuki musim penghujan, banyak penyakit musiman yang akan datang mengikuti, antara lain Demam Berdarah Dengue (DBD).
Salah satu penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan kematian.
Saya ingin berbagi cerita tentang pengalaman pahit saat si kecil terjangkit DBD 2 tahun yang lalu.

Mulai hari rabu tengah malam, suhu badannya meningkat, panasnya tinggi dan tubuhnya lemas, dia nggak mau makan dan minum, kukira hanya tertular teman bermainnya yang sedang demam dan sakit tenggorokan, jadi aku hanya memberikan obat turun panas yang di beli dari apotik saja.
Sehabis minum obat, suhu tubuhnya turun tapi beberapa jam kemudian naik lagi.
Sampai hari minggu kemudian, kakeknya datang menjenguk dan menelpon bidan langganan untuk datang memeriksa, sambil tanya sana-sini dan ngecek si kecil, dia bilang kalau sampai besok belum sembuh juga setelah minum obat dari dia, harus dibawa ke laboratorium untuk cek darah karena dikhawatirkan terkena DBD.

Pada hari yang bersamaan ternyata ada tetangga yang anaknya meninggal setelah tubuhnya panas beberapa hari, aku dan suami langsung panik luar biasa dan semakin nggak tenang memikirkan si kecil yang terbaring tanpa daya.

Akhirnya senin pagi, kami cepat-cepat membawa si kecil ke Dokter Spesialis Anak langganan, diperiksa lalu segera dirujuk ke rumah sakit untuk cek darah.
Jangan tanya bagaimana perasaanku, air mata langsung mengalir keluar dengan deras, bahkan untuk menelpon keluarga besarku, aku sudah nggak sanggup lagi bicara.

Sampai di rumah sakit, suami langsung mengurus administrasi untuk cek darah, kugendong anakku yang sangat lemah dalam pelukanku, sambil menangis ku pegangi tangan kecilnya yang akan ditusuk jarum untuk diambil darahnya.
Dia kesakitan dan menjerit, ya Allah, betapa sakit hatiku melihatnya.
Menunggu beberapa saat akhirnya keluar juga hasilnya, dan ternyata positif DBD dengan trombosit yang sangat rendah, hanya 95.000/ml.
Anakku harus rawat inap saat itu juga.

Aku tak habis pikir bagaimana anakku bisa sampai terkena DBD, padahal tak sampai seminggu sekali aku pasti menguras bak-bak penampungan air, ternyata aku baru tahu kalau di lingkungan rumahku, bukan anakku saja yang terkena DBD, ada 5 orang lain yang terkena dan salah satunya meninggal dunia.

Kalau diperhatikan baik-baik ternyata tak selamanya DBD menampakkan bintik-bintik merah di kulit, seperti yang terjadi pada anakku.
Sehingga kami benar-benar tidak tahu kalau anak kami menderita DBD.

Karena keadaannya yang sudah lumayan parah ditambah sangat sulit untuk makan dan minum, dia harus mendapatkan transfusi trombosit, hari ke 2 di rumah sakit di tambah 2 kantong, hari ke 4 ditambah 3 kantong dan hari ke 5 ditambah lagi 2 kantong lalu hari ke 6 tambah 1 kantong lagi. Total transfusi 8 kantong trombosit ditambahkan ke tubuhnya.

Syukur Alhamdulillah anakku sembuh dan sehat seperti sediakala, aku akan menjaganya dan berhati-hati agar peristiwa seperti ini tak terulang lagi.

Secara umum gejala DBD adalah:
1. Suhu tubuh meningkat tinggi secara tiba-tiba dan berlangsung terus-menerus.
2. Demam, lemas dan kehilangan nafsu makan dan minum.
3. Nyeri di ulu hati, punggung, sendi dan sakit kepala (pusing).
4. Selalu mengantuk dan ingin tidur terus-menerus.
5. Kesadaran menurun dan denyut nadi melemah.
6. Timbul bercak/ bintik merah di kulit (tidak selalu).

Masa inkubasi DBD mengikuti pola pelana kuda yaitu 3 hari panas, hari ke 4 menurun dan naik lagi pada hari ke-5, dan justru saat panas turun itulah fase kritis yang banyak menyebabkan kematian, karena penderita akan terlihat seperti sudah sembuh.
Hari ke 4 dan ke 5 perlu kita waspadai.

Sebaiknya pasien segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang semestinya, dan beri cairan sebanyak-banyaknya untuk mencegah dehidrasi yang berlebihan.

Pasti teman-temanpun sudah tahu bahwa penyebab penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue, yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti sebagai vektor perantaranya.
Nyamuk ini memiliki ciri umum memiliki ukuran tubuh sedang dan berwarna hitam kecoklatan.
Tubuh dan tungkainya ditutupi sisik-sisik dan garis-garis putih keperakan. Dan di bagian punggung tampak 2 garis melengkung vertikal di bagian kiri dan kanan.
Nyamuk Aedes Aegypti memiliki habitat di sekitar perumahan dimana terdapat tempat penampungan air bersih dan genangan-genangan yang tidak kontak langsung dengan tanah.
Karena nyamuk ini memerlukan permukaan air bersih sebagai tempat meletakkan telur-telurnya.
Telur berbentuk elips berwarna hitam dan terpisah satu dengan yang lainnya.

Nyamuk dewasa biasa mencari makan di pagi hari dan sore hari.
Ada baiknya berhati-hati saat tidur siang, karena pada saat itulah nyamuk nakal ini akan menggigit mangsanya.

Untuk memutuskan mata rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang berbahaya ini, kita wajib melakukan 3M, yaitu menguras bak-bak penampungan air paling sedikit seminggu sekali, menutup bak-bak penampungan air dan mengubur barang-barang bekas agar tidak atergenang air dan menjadi tempat nyamuk berkembang biak.
Yang lainnya adalah menaburkan bubuk abate untuk membunuh jentik/larva nyamuk, dan melakukan fogging focus(pengasapan) pada tempat-tempat yang dimungkinkan menjadi sarang persembunyian nyamuk.
Selalu oleskan lotion anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan kewaspadaan kita saat musim penghujan datang, dari segala bentuk ancaman yang ada.
Hati-hati juga kalau tempat tinggal anda menjadi daerah langganan banjir.

10 Nov 2009

Lumpia ala Dewi


Pulang dari jemput Nuno di sekolahnya, langsung siap-siap masak untuk makan siang.
Selesai masak tinggal santai karena kerjaan lain sudah beres dari tadi pagi.
Nonton tv diselingi facebook-an, rasanya ada yang kurang. Pengen makan sesuatu, akhirnya kepikiran buat lumpia aja yang mudah dan cepat jadi. Bahan sudah ada di kulkas, tinggal siap-siapin saja, mulai deh....

Bahan :
1. Tepung terigu 150 gr
2. Telur 2 butir
3. Air secukupnya
4. Royco 1 bungkus
5. Bumbu bawang putih 5 siung, ketumbar 1/2 sdt, garam 1/4 sdt (dihaluskan)
6. Kentang 1 buah potong kotak kecil
7. Untuk isian : Wortel 1 buah potong kotak kecil
8. Paha ayam 2 buah potong kecil-kecil
9. Cumi 5 buah (kebetulan ada jadi dipakai juga)
10. Daun bawang 2 lembar dirajang halus
11. Cabai rawit untuk pelengkap
12. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Buat kulit lumpia dulu, terigu diaduk bersama putih telur dan bumbu halus, beri air secukupnya sambil diaduk rata.
2. Buat dadar kulit lumpia tipis-tipis, lakukan sampai adonan habis, sisihkan
3. Tumis wortel, kentang, ayam, cumi, daun bawang dengan sedikit minyak, beri sebungkus Royco rasa ayam.
4. Letakkan isian di atas kulit lumpia yang sudah dibuat, lipat , lakukan sampai habis.
5. Kocok lepas kuning telur
6. Celupkan lumpia ke dalam kocokan telur lalu goreng dalam minyak panas, sampai kuning kecoklatan.

Akhirnya jadi 15 buah lumpia, dimakan pakai cabe rawit.
Kalau soal rasa lumayanlah, gak dicela suami dan anak, tapi kalau penampilan memang masih kurang rapi, yach namanya juga koki amatiran, bisa masak juga sudah lumayan.
Ada yang mau coba lumpia alakadarnya ?? Boleh kok, datang aja ke sini nanti saya buatkan khusus untuk anda.


3 Nov 2009

Tamasya ke Pantai Kelapa Rapat

Bolang....si Bolang.... si Bocah Petualang.....
Karena nonton si Bolang berpetualang di pantai, jadi inget waktu jalan-jalan ke pantai Kelapa Rapat di Padang Cermin Lampung Selatan.
Pemandangannya sangat bagus, jalan menuju ke pantai berkelok-kelok dan sangat menyenangkan.

Setelah sampai kita bisa masuk setelah membeli karcis di pintu masuk, harganya lumayan terjangkau. Lalu bisa segera mencari tempat untuk parkir dan menggelar barang-barang bawaan.
Begitu sampai rasanya nggak sabar untuk menyentuh pasir dan membasahi kaki dengan air laut, betapa indahnya, jadi ingin berenang.
Sambil berenang kita bisa melihat perahu nelayan yang lewat menangkap ikan, kalau ingin menyebrang ke pulau juga ada perahu yang bisa disewa, tapi berhubung saya belum pernah ke seberang jadi nggak bisa cerita ada apa saja di pulau seberang.
Ombaknya lumayan sedang dan nggak terlalu besar, pokoknya jadi nggak mau pulang deh.
Kelamaan berenang perut jadi lapar, untung tadi sudah bawa bekal dari rumah, serasa pindah makan nih. Memang sangat menyenangkan menikmati makan siang di pinggir pantai, sambil menikmati semilir angin pantai, wuih sedapnya.....
Lauk yang dibawa juga bermacam-macam, ada mie goreng, capcay, sambal goreng hati, ikan mas goreng, semangka dan air minum. Malahan mama juga bawa kopi, gula dan termos air panas. Uh... seru banget, pasti ngiler juga kan ingin ke sana??
Nggak bakalan nyesel deh, ajak juga teman, adik, kakak, anak,istri atau pacar.
Habis berenang kulit jadi lengket, harus mandi bilas kan? Tapi jangan khawatir, pengelola sudah menyediakan kamar mandi jika pengunjung ingin mandi bilas.

Eh iya jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan moment tersebut, untuk kenang-kenangan supaya kita ingat pernah mengunjungi pantai yang indah.

Kelapa rapat hanya salah satu objek wisata pantai yang ada di provinsi Lampung, sepanjang jalan menuju ke sana juga banyak pantai yang nggak kalah menariknya, antara lain pantai Duta Wisata Lempasing, pantai Tirtayasa Lempasing, pantai Mutun, pantai Ketapang dan masih banyak pantai yang lainnya.
Tinggal pilih saja mana pantai yang akan kita datangi untuk bertamasya bersama keluarga.
Selamat bersenang-senang !!!


2 Nov 2009

Serama.... Si Mungil Kesayangan

Sekitar 4 tahun yang lalu, papanya Nuno mengenal serama dari seorang temannya, dan dia langsung jatuh cinta. Barangkali puber kedua ya..??
Eits.... tapi jangan salah sangka dulu, ternyata serama itu adalah ayam berukuran tubuh mungil berasal dari Malaysia.
Karena cintanya sampai-sampai papanya Nuno rela menyisihkan uang demi mendapatkan serama yang memang harganya gila-gilaan mahalnya.
Oh iya cerita tentang si serama dulu deh ya...

Ayam serama merupakan ayam hasil persilangan yang dilakukan oleh Wee Yean Een, penghulu ayam dari Kelantan, Malaysia, terhadap ayam kate jepang dan ayam kapan yaitu ayam lokal malaysia yang sudah diperbaiki kwalitasnya.
Nama serama sendiri didapatkan karena rasa kekaguman terhadap tokoh pewayangan Mahabarata yang gagah berani yaitu Sri Rama, dan karena dialek masyarakat setempat menyebabkan nama Sri Rama berubah menjadi Serama.
Ayam serama berbeda dari ayam kate biasa, antara lain, bentuk kaki yang kecil dan bobot tubuh yang hanya 300 gr saja.
Serama kwalitas baik memiliki bobot tubuh kurang dari 500 kg, sangat mungil bukan ? Tapi biarpun tubuhnya mungil tapi gayanya sangat sombong.
Bentuk tubuh menyerupai huruf S dengan bulu-sayap menjuntai ke bawah seperti jubah yang kebesaran.Dadanya membusung seperti prajurit yang hendak ke medan perang, warna-warnanya sangat menarik dan beragam ada yang putih, keemasan, kemerahan juga belirik.
Secara umum penampilan serama sangat terlihat mini,aktif,jinak dan berdiri dengan gagah berani nya,terkadang kelihatan anggun sekali.
Dadanya menonjol dan membusung dan kepala ditarik kebelakang hingga menyentuh ekor. sayap nya jatuh ketanah dan seperti membentuk huruf S.
Ada dua jenis serama yaitu,kekar dan anggun.kekar biasanya badan nya dengan dada yang besar dan membusung.Tipe anggun dicirikan dengan tubuh mungil dan semampai.

Itu hanya sekelumit saja cerita tentang serama, karena kecantikannya siapapun pasti menyukainya.

Awalnya saat papanya Nuno memutuskan untuk memelihara dan menangkarkan serama, saya sempat nggak setuju karena saya kurang menyukai ada hewan peliharaan di lingkungan rumah kami.
Tapi akhirnya saya juga malah ikut-ikutan jatuh cinta, sampai rela bantu-bantu kasih makan dan membersihkan kandangnya.
Apalagi ternyata penggemar serama di Lampung makin banyak, jadi sering ada orang yang datang untuk melihat koleksi serama papa, bahkan ada juga yang tertarik membeli.

Apakah anda tertarik juga? Kenalan dulu deh sama serama, kalau tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Tapi kalau sudah jatuh cinta harus siap-siap merogoh kantong lebih dalam, karena harga serama masih sangat mahal...
OK sampai di sini dulu ya....thanks.






1 Nov 2009

Hati-hati Memilih Kosmetika

Siapa sih yang nggak mau terlihat cantik?
Pasti setiap wanita di dunia ini ingin terlihat cantik, menawan dan yang pasti putih.
Karena alasan itulah, maka banyak konsumen yang terjebak penggunaan kosmetika berbahan kimia berbahaya.

Misalnya saja penggunaan mercury atau yang lebih dikenal dengan air raksa, hydroquinon di dalam bedak, cream pemutih dan kosmetika lainnya dan Rhodamin-B di dalam lipstik dan blush on.

Sangat besar bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian kosmetika mengandung mercury (Hg), antara lain kulit iritasi, rasa terbakar pada kulit, dan pada akhir pemakain malah akan menimbulkan flek-flek hitam, itu efek negatif yang tampak dari luar, sedangkan efek yang dirasakan dari dalam tubuh yaitu dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal, otak dan gangguan janin , juga merupakan zat yang bersifat karsinogen (menyebabkan kanker) walaupun pada pemakaian hanya dioleskan karena merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah dan memasuki sistem syaraf.
Sebenarnya pemakaian mercury pada kosmetika sudah sangat dilarang sejak dulu karena dampak yang sangat berbahaya bagi pemakai.
Tapi masih ada saja produsen nakal yang mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan keinginan konsumen untuk tampil cantik dan putih dengan cara yang lebih cepat.

Sedangkan penggunaan hydroquinon masih diperbolehkan dalam batas-batas tertentu.
Walaupun diperbolehkan tapi bahayanya juga tak kalah dari mercury, antara lain adalah rasa terbakar pada kulit, iritasi, juga dapat menyebabkan kanker darah (leukemia), kanker sel hati (hepatocelluler adenoma) dan kelainan pada ginjal (nephropathy) terutama untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Gejala keracunan mercury yang muncul sebagai gangguan sistem saraf adalah tremor, insomnia, gangguan penglihatan, pikun, gangguan emosi, depresi dan gerakan tangan abnormal (ataxia).

Bahan berbahaya lain yang sering terkandung dalam kosmetika yaitu pewarna Rhodamin-B, yang biasanya terdapat pada lipstik dan blush on, digunakan agar dapat meninggalkan kesan merona yang tahan lama pada pipi dan bibir.
Sebenarnya Rhodamin-B adalah pewarna sintetis yang digunakan pada tekstil, sehingga penggunaan pada kulit dapat menyebabkan sifat karsinogenik dan gangguan pernafasan.

Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih kosmetika yang akan digunakan, pilih produk yang sudah terdaftar dan memiliki kode dari BPOM dan DepKes.
Untuk apa memiliki kulit putih dan terlihat cantik tapi bermasalah...??