17 Des 2010

MANFAAT MENYUSUI BAGI IBU DAN BAYI

ASI (Air Susu Ibu) mengandung sanyak zat yang sangat baik bagi bayi. Kalori yang diberikan oleh ASI dapat memenuhi kebutuhan bayi sampai usia enam bulan.
Selain itu ada juga beberapa manfaat lain yang perlu kita ketahui, khususnya oleh para calon ibu, yakni:


I. Manfaatnya Bagi Bayi


a. Sebagai Sistem Imunitas Yang Baik
Seorang bayi yang mendapatkan ASI dari ibunya akan memiliki sistem imunitas (daya tahan tubuh) yang lebih baik daripada bayi yang tidak pernah mendapatkan ASI.
Kadar imunoglobulin (zat-zat yang membentuk kekebalan tubuh) yang sangat tinggi terdapat pada kolostrum, yaitu cairan kuning kental yang merupakan ASI pertama yang keluar setelah seorang ibu melahirkan.
ASI juga mengandung zat antibodi (kekebalan tubuh ) yang akan dapat memberikan perlindungan alami bagi bayi yang baru lahir.

b. Memiliki Tingkat IQ Yang Lebih Tinggi
Berdasarkan penelitian, bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki tingkat kecerdasan atau IQ (Intellegence Quotient) lebih tinggi daripada bayi yang tidak pernah mendapatkan ASI.

c. Perkembangan Psikomotorik Yang Lebih Cepat

15 Sep 2010

Perkembangan Kehamilan Dari Bulan Ke Bulan

Mengikuti perkembangan janin di dalam rahim dari bulan ke bulan sangatlah mengasyikkan dan menyenangkan.
Masa sembilan bulan kehamilan terbagi atas tiga fase yang diistilahkan trimester atau masa setiap tiga bulan. Maksud dari pembagian fase ini adalah untuk mempermudah pembahasan dalam perubahan yang dialami sang ibu dan juga bayinya. Sebab ada karakteristik yang menonjol pada tiap-tiap fasenya.

Trimester pertama dihitung sejak menstruasi terakhir sampai kehamilan mencapai usia 3 bulan atau kira-kira 14 minggu.
Trimester kedua dihitung saat menginjak bulan keempat hingga bulan keenam (kehamilan berusia sekitar 27 minggu).
Trimester terakhir atau ketiga berawal dari kehamilan bulan ke 7 hingga sebelum melahirkan (sekitar minggu ke 38).

Berikut ini akan saya tuliskan tentang hal-hal yang biasa terjadi pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya dari awal masa kehamilan sampai melahirkan.

A. BULAN PERTAMA

Pada bulan pertama kehamilan, ibu belum merasakan apa-apa. Sebab pada masa ini sel sperma dan sel telur yang bertemu sedang dalam tahap pembuahan. Sel sperma yang membawa kromosom akan berbaur dengan 23 kromosom yang dibawa sel telur (ovum). Kedua informasi itu menyatu untuk menentukan warna kulit,jenis kelamin, bentuk rambut apakah mengikuti ayah atau ibunya dan sebagainya.

Sel hasil pembuahan masih berbentuk blastokista, sel ini sudah membagi dirinya untuk menjadi bakal plasenta dan janin. Kumpulan luar sel blastokista yang berbentuk seperti akar bernama sel-sel villi yang nantinya akan menanamkan dirinya dalam rahim.
Setelah terjadi pembuahan akan ditandai dengan berhentinya menstruasi.
Sampai pada akhir bulan pertama nyaris tidak ada keluhan fisik, meskipun pada beberapa wanita ada yang mengalami cepat merasa kelelahan.

B. BULAN KEDUA

Pada bulan kedua, biasanya mulai ada tanda-tanda awal kehamilan yang mudah dikenali, antara lain:
1. Cepat merasa lelah
2. Mual disertai muntah atau tanpa muntah
3.Payudara lebih sensitif terutama bagian aerola (puting).
4. Mengidam untuk memakan atau melakukan sesuatu
5. Sering buang air kecil yang disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

Gejala-gejala awal ini kadang tidak dirasakan oleh seseorang yang sedang hamil, beberapa bahkan tidak merasakan muntah atau mual sampai waktunya melahirkan, sehingga ada yang tidak sadar kalau sebenarnya dirinya sedang hamil.

Perkembangan janin pada awal minggu ke-5, bentuk embrio masih menyerupai huruf C.
Baru pada awal minggu ke-7, kelompok sel pembentuk tulang bekerja membentuk tunas-tunas.
Otak mulai terbentuk dan berkembang sangat cepat, bakal jantung mulai berdenyut dan saluran pencernaan mulai terbentuk.
Pada minggu ke-8 bakal kaki dan tangan semakin berkembang, lengan terbentuk,lekukan jari-jari mulai terlihat, tunas kaki baru muncul saat tunas tangan mulai membentuk bahu dan lengan pada minggu ke-8.

C. BULAN KETIGA

Saat bulan ke-3 rahim mulai membesar, dengan membesarnya rahim akan timbul beberapa ketidaknyamanan, keluhan nyeri pinggang mulai terasa meski tidak seberapa dibanding bulan-bulan yang berikutnya.

Didalam rahim, si kecil sedang belajar mengembangkan kemampuan untuk bernapas dan makan.
Organ-organ pencernaan dan pernapasan berkembang dan belajar menjalankan fungsinya.
Ginjalnya mulai dapat memproduksi urine sebagai produk buangan, saluran pencernaanpun mulai menyerap glukosa secara aktif, ditunjang dengan kelenjar ludah yang mulai berfungsi dan tumbuhnya pengecap pada lidah.
Dalam bernapas paru-parunya mulai berfungsi meski belum dapat dikatakan sempurna. Ketuban masih terhirup paru-paru dalam proses belajar, tapi langsung dikeluarkan kembali. Si kecil juga mulai cegukan sebagai salah satu cara melatih otot-otot organ pernapasan.

Pada bulan ini juga lekukan jari-jari ditangan semakin jelas, saat di USG terlihat si kecil sedang menghisap jari mungilnya.
Dia juga semakin aktif bergerak dan berpindah posisi.
Otaknya berkembang dengan pesat tapi proporsi kepala dan badan belum seimbang pada bulan ini.

D. BULAN KEEMPAT

Pada bulan-bulan ini bersiaplah untuk membeli baju khusus hamil, sebab perut semakin terlihat membesar, kondisi kehamilan berbeda pada tiap orang, hal ini dipengaruhi beberapa faktor, antara lain sudah pernah hamil atau belum dan pola makan.

Wajah janin semakin mendekati kesempurnaan, selain ditunjang dengan perkembangan otot yang membungkus wajah, si kecil juga mulai belajar berekspresi, seperti mulut dimanyunkan, tersenyum, meringis dan menggerakkan bola matanya.
Tubunya mulai ditumbuhi rambut-rambut halus yang berfungsi untuk mengikat semacam lemak yang dihasilkan sebelum kelahiran, lemak ini sendiri berguna sebagai pelumas sakaligus melindungi kulit bayi dari gesekan.

E. BULAN KELIMA

Yang paling membahagiakan pada bulan kelima adalah sang ibu dapat merasakan gerakan yang dilakukan janin di dalam perutnya. Hal ini umum demikian meskipun kenyataannya setiap wanita berbeda dalam merasakan hal tersebut.
Ada beberapa janin yang cenderung tidak banyak bergerak, tapi ada juga yang sangat aktif sehingga ibu akan merasakan tiap gerakan janin kapan dan dimanapun.
Pada awalnya gerakan janin sangat halus, lebih mirip sesuatu yang sedang berambat di dalam pencernaan, lalu gerakannya mulai bervariasi, sensasinya serupa kita melewati gundukan kecil semacam polisi tidur atau benjolan.

Seiring berkembangnya tulang-tulang pendengaran, bagian otak yang berfungsi untuk menerima dan memproses sinyal pendengaran mulai berfungsi.
Si kecil mulai mendengar, meski itu adalah suara-suara yang berasal dekat dengan dirinya, seperti aliran darah dan detak jantung ibunya.
Tetapi seiring bertambahnya usia, dia akan semakin mahir menangkap suara di luar dirinya, terutama suara yang keras semacam teriakan, bantingan pintu atau suara mesin motor.

Sangat dianjurkan untuk memperdengarkan musik klasik pada janin yang diyakini dapat meningkatkan kecerdasan otak si kecil, meskipun jenis musik lain juga tidak dilarang, kecuali musik rock atau yang berirama cepat, sebab dapat menyebabkan stress dan kegelisahan janin.

F. BULAN KEENAM

Memasuki bulan keenam, biasanya sang ibu cenderung merasa selalu lapar, berhati-hatilah dengan makan yang banyak mengandung garam karena akan meningkatkan resiko hipertensi.
Mendekati trimester ketiga, keluhan sakit kepala mulai muncul, juga nyeri pinggang dan kram atau bengkak pada kaki.

Semakin hari organ-organ pencernaan si kecil semakin sempurna. Pada bulan ini janin belajar menelan ketuban,yang sebagian diserap seperlunya sedangkan sisanya dibuang.
Proses ini dalam rangka membantu pencernaannya agar siap menerima makanan dari luar tubuhnya (ASI) pada awal masa kelahiran.
Salah satu hasil kerja awal pencernaannya adalah mekonium, yaitu tinja janin pertama yang dapat ditemui di usus bayi, substansi kehijauan sampai coklat muda ini terus disimpan di dalam usus dan baru dikeluarkan menjelang kelahiran atau beberapa saat setelah dia lahir.

G. BULAN KETUJUH

Masalah yang menghampiri ibu hamil pada bulan ini masih berkisar pada nyeri pinggang, pembengkakan kaki, serta bertambah gemuk. Selain itu rahim yang semakin membesar membuat sesak napas sering menghampiri.

Sedangkan perkembangan otak si bayi semakin sempurna dan meningkat drastis, rambutnya tumbuh semakin panjang, alis terbentuk jelas.
Tubuhnya berangsur bertambah gemuk dengan penumpukan lemak di bawah kulitnya. Dengan kondisi ini bayi dapat mempertahankan panas tubuhnya jika sewaktu-waktu terpaksa lahir prematur.
Selain itu, organ pendengaran juga mulai terbentuk sempurna, daun telinga semakin terlihat bentuknya.
Dengan semakin terlatihnya oto-otot dan fungsi vital lainnya, janin semakin aktif dalam mencoba berbagai gerakan.

H. BULAN KEDELAPAN

Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami peningkatan ketidaknyamanan , baik dari segi fisik maupun psikis.
Dari segi fisik dikarenakan semakin membesarnya perut serta persiapan-persiapan lain oleh tubuh menjelang melahirkan.
Ketidaknyamanan secara psikis biasanya disebabkan oleh ketidaksabaran untuk segera menimang bayi, terutama bila yang dikandung adalah anak pertama, kekhawatiran akan kesehatan dan ketidakmampuan untuk merawat bayi setelah lahir.

Dalam bulan ini, semua proses perkembangan janin nyaris selesai. Organ-organ vital seperti jantung, telah bekerja meski ada juga beberapa yang ditunda hingga saat kelahiran, misalnya sistem pencernaan dan paru-paru.

I. BULAN KESEMBILAN

Seiring semakin membesarnya perut, ibu hamil juga akan mengalami penambahan kesulitan dalam beraktivitas.Bahkan saat tidur sekalipun.

Tengkorak kepala bayi yang terdiri atas beberapa lempeng pada bulan ini belum tersambung secara sempurna, terutama di daerah ubun-ubun kepala. Tulang pembentuknyapun belum mengeras sempurna, hal ini bukan tanpa maksud, karena dengan kondisi yang masih sedikit elastis seperti itu akan memudahkan janin untuk keluar pada saat kelahirannya.

Selanjutnya adalah tinggal mempersiapkan mental, fisik dan material untuk menyambut kehadiran si kecil ke dunia.

11 Sep 2010

Kehamilan

Berhubung sedang bahagia menunggu kelahiran kelahiran calon anak ke-2, maka saya sempat off lumayan lama dari kegiatan menulis blog "Pelangi Dewi" dan blogging ke blog teman-teman blogger yang lain.
Untuk mengobati kerinduan maka saya ingin mencoba berbagi kebahagiaan dengan cara berbagi cerita seputar kehamilan. Mungkin kurang menarik untuk pembaca yang masih lajang, tapi untuk sekedar tahu nggak ada salahnya.

1. Terjadinya Kehamilan

Ketika seorang wanita yang sedang dalam masa subur melakukan hubungan seksual dengan pasangannya, kemungkinan akan terjadi pertemuan sel sperma dengan sel telur yang sudah matang (pembuahan).
Pembuahan terjadi di dalam saluran indung telur, kemudian akan menuju ke dalam rahim.

2. Gejala Awal Kehamilan

Ada banyak gejala awal kehamilan yang umum terjadi, apabila anda ragu apakah sedang hamil atau tidak, coba perhatikan gejala-gejala berikut ini:

a. Terlambat atau Tidak Haid (Amenorrhoea)
Jika biasanya siklus haid teratur lalu mendadak berhenti, ada kemungkinan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Namun ada juga kemungkinan haid mendadak berhenti karena dipengaruhi hal lain, misal karena konsumsi obat tertentu atau karena perubahan emosi.

b. Mual dan Muntah
Tanda ini dikenal dengan morning sickness, sebab biasanya mual dan muntah sering dirasakan pada pagi hari saat bulan-bulan pertama kehamilan.

c. Sering Buang Air Kecil
Keinginan untuk buang air kecil terjadi karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar.

d. Susah Buang Air Besar
Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon progesteron yang membuat usus bekerja lebih lambat, sehingga sisa kotoran sulit keluar.

e. Mengidam
Biasa terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan, bisa berupa keinginan untuk menyantap makanan tertentu, gejalanya dapat berupa mual, pusing bahkan muntah.

f. Payudara Membesar
Terjadi karena meningkatnya hormon kehamilan yakni hormon progesteron dan estrogen yang dapat mempengaruhi perkembangan kelenjar susu.

g. Kram Perut
Hal ini sering terjadi pada awal kehamilan, namun bisa juga berlangsung sampai trimester kedua.

h. Cepat Lelah
Jika terjadi kelelahan sebaiknya tubuh jangan dipaksakan, segeralah mengambil posisi santai untuk beristirahat.

3. Cara Memastikan Kehamilan

a. Menggunakan alat test kehamilan yang dapat dengan mudah dilakukan sendiri di rumah.
b. Menguji kehamilan di laboratorium dengan tes urine maupun tes darah.
c. USG

Jika ternyata anda sudah positif hamil, siapkan diri untuk menyambut kehadiran si kecil dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi baik untuk perkembangan janin, menciptakan gaya hidup sehat yang bebas alkohol dan rokok, hindari stress, jauhi obat-obatan, istirahat yang cukup dan selalu memeriksakan kehamilan secara teratur untuk memantau perkembangan janin.

SELAMAT IDUL FITRI 1431 H

Pelangi Dewi mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H, Minal Aidin wal Faidzin.
Mohon maaf lahir dan bathin".

31 Mar 2010

Semangat Sang Nenek

Seringkali kita jumpai dimana-mana adanya pengemis, di perempatan jalan, pasar, mall, jembatan penyeberangan bahkan yang datang dari rumah ke rumah.
Tidak semua pengemis itu memiliki cacat fisik, malah banyak diantara mereka yang tubuhnya kuat dan segar bugar.

Banyak alasan yang dipakai untuk melakukan perbuatan meminta-minta. Karena faktor ekonomi, cacat tubuh, tapi yang sering terjadi adalah karena mereka enggan bekerja keras, hanya ingin mendapatkan uang dengan cara mudah.

Kemalasan adalah faktor utama yang menciptakan lapangan pekerjaan bernama pengemis ini.
Bahkan ada yang tega dan dengan sengaja membawa anak-anak balita untuk menarik rasa iba terhadap orang yang melihatnya, agar rela mengeluarkan uang dari kantongnya.

Ada seorang nenek tua yang membuat saya kagum dengan semangatnya untuk bertahan hidup.
Dia tidak tertarik untuk ikut-ikutan berprofesi sebagai pengemis.

Di usianya yang menginjak 70 tahun, masih setia menjalani pekerjaannya sebagai seorang penjual sayuran keliling.
Dengan mengandalkan sebuah sepeda tua untuk menjajakan dagangannya.

Seharusnya di usia yang senja itu, dia dapat menikmati kehangatan keluarga, bermain bersama cucu-cucunya, tapi yang terjadi adalah sebaliknya.

Setiap hari dia berjalan sejauh 5 km, dari pasar tempel Way Kandis sampai ke Way halim.
Meskipun berbelanja sayuran pada nenek relatif murah harganya, masih saja ada ibu-ibu yang tega menawar demi kembalian yang cuma Rp. 100 saja.

Apapun itu rasa kagum dan bangga kepada sang nenek, yang bertahan untuk tidak mempertaruhkan harga dirinya, meskipun kemiskinan ada dihadapannya.
Usia tua tidak menjadi halangan untuk tetap bekerja.

Mungkin saya tidak akan mampu menjalani kehidupan sepertinya.

20 Mar 2010

Kepiting Bikin Pusing

Jalan-jalan dan berwisata kuliner memang menjadi hobbyku dan suami, kalau suasana hati sedang nggak enak pasti maunya pergi jalan-jalan.
Biasanya sih kalau keluar rumah bawaannya kepengen makan di luar juga, jajanan di Bandar Lampung sebagian besar sudah kami coba.
Mulai dari sate, bakso yang paling enak, empek-empek, martabak, rujak cingur,mie goreng, nasgor, rawon dan lain-lain.

Sekali waktu penasaran juga mau makan kepiting yang katanya enak banget. Meluncurlah ke daerah Teluk Betung cari-cari seafood.
Ada macam-macam, tapi berhubung niatnya mau makan kepiting ya akhirnya kepiting saus tiram yang dipesan. Ternyata seporsi isinya banyak banget, liatnya sampe perut mual dan sangsi bisa ngabisin. Makannya juga agak ribet, harus gigit-gigit cangkang, terus dihisap, pokoknya berantakan deh.
Setelah dicicip malah gak terasa tau-tau sudah ludes.

Awalnya enak dan nggak ada masalah apa-apa, lama-lama koq kepala jadi berat dan terasa pusing.
Duuuh... aneh banget, ada apa ya ??
Apa keracunan kepiting, langsung pulang ke rumah takut kenapa-napa.
Untungnya efek pusing nggak berlanjut sampai parah.

Dua minggu kemudian jadi ketagihan lagi mau menyantap kepiting, jalan lagi ke Teluk, tapi kali ini pesan buat dibawa pulang. Sambil nunggu dimasakin, aku curi-curi lihat cara masaknya, bumbunya apa aja, biar nanti bisa masak sendiri di rumah.
Masaknya khan di luar jadi kita bisa liat sendiri.

Pas jalan-jalan ke Pantai Mutun, mampir ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sengaja mau cari kepiting lagi, tapi kali ini niat mau masak sendiri. Kalau beli di TPI bisa minta tolong yang jual untuk bersihin sekalian.
Lumayan sih beli 1 kg jadinya sewajan besar, cukup untuk bertiga.
Bumbunya nyontek waktu beli kepiting saus tiram tempo hari.
Asal aja sih, takarannya direka-reka dan ditambah sendiri sesuai selera kita, bumbunya pakai:
1. Cabai merah 10 buah
2. Jahe 2 cm
3. Bawang merah dan putih masing-masing 5 siung
4. Saus tiram 2 sdm
5. Garam dan gula putih secukupnya
6. Kepiting, sengaja nggak pake telur biar nggak terlalu amis.
7. Lada sedikit
Cara masaknya:
Semua bumbu digiling halus, lalu ditumis, setelah harum masukkan kepiting beri air secukupnya.
Aduk-aduk sebentar sampai mendidih, siap dihidangkan.

Tapi maaf ya nggak ada fotonya, keburu ludes sebelum difoto.
Kalau mau coba sah-sah aja koq, awas jangan keenakan makan kalau banyak-banyak kepala jadi pusing, belum cari tahu kenapa bisa begitu.

3 Mar 2010

Falk, Si Cantik Yang Galak

Iseng-iseng penasaran mau nangkap burung yang hampir 5 tahun ada di kandang, selama ini hampir tak pernah tersentuh tangan.

Sering disebut juga burung Falk atau Cockatiel.
Burungnya sangat cantik dengan warna yang menarik, ada jambul di atas kepalanya, paruhnya bengkok, yang paling lucu di pipi kiri kanannya pakai blush on.



Tahu khan blush on ? Itu pemerah pipi yang sering dipakai wanita.
Nggak percaya ? Nih lihat sendiri foto-fotonya.
Naaah sekarang baru percaya khan ?

Itulah makanya aku jadi penasaran banget mau pegang-pegang, akhirnya nekat kuambil saringan untuk menangkap ikan, jadilah berburu menangkap burung di kandang.

Galaknya kelewatan tuh, alhasil jempolku yang manis jadi sasaran gigitan paruh bengkoknya, sakitnya jangan ditanya.
Sampai berdarah dan lukanya sobek yang lumayan cenut-cenut kalau dirasa.
Tapi nggak apa-apalah, senang juga bisa foto-foto bersama si cantik yang galak.

22 Feb 2010

Hati-Hati Hepatitis

Adik tersayang terpaksa dirawat di Rumah Sakit karena terjangkit Hepatitis, mengilhamiku untuk menulis tentang penyakit ini.
Aku yang semula buta tentang hepatitis, kecuali sekedar tahu artinya akhirnya berusaha mau tahu dan mencari tahu apa sih hepatitis itu ?

Istilah hepatitis yang artinya peradangan pada hati karena berbagai sebab antara lain infeksi virus, obat-obatan dan alkohol.
Sedangkan menurut sifatnya terbagi 2 menjadi hepatitis akut ialah hepatitis yang terjadi kurang dari 6 bulan, dan hepatitis kronis yaitu hepatitis yang terjadi lebih dari 6 bulan.

Dari pemeriksaan laboratorium di Rumah Sakit, diketahui adikku terjangkit hepatitis A, yang relatif lebih ringan dari hepatitis B dan C.
Gejala awal yang dialami penderita adalah demam, lemah, cepat letih dan muntah-muntah.
Pada tahap lebih lanjut kulit dan mata menjadi kuning, urine berwarna lebih tua seperti teh yang pekat dan tinja berwarna pucat.

Pencegahan penyakit ini adalah dengan menjaga sanitasi lingkungan, hygienitas makanan dan perilaku hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.
Jangan mengkonsumsi air yang belum dimasak, karena hepatitis A sangat mudah menular melalui makanan dan air yang terkontaminasi faeces penderita.

Sedangkan pada hepatitis B dan C ditularkan melalui media darah, jarum suntik yang dipakai bergantian dan aktivitas sexual.

Hepatitis A jarang menimbulkan kematian dan tidak menjadi kronik, sebagian penderita mengalami penyembuhan sendiri secara sempurna diiringi istirahat yang cukup dan gizi yang baik. Sedangkan hepatitis type yang lain berpotensi menyebabkan gangguan hati lebih lanjut seperti pengerasan hati (sirosis) dan kanker hati.

Waspadai juga penggunaan obat-obatan tertentu yang berpotensi merusak hati, biasanya kalau kita membeli obat bebas di warung atau apotik pasti ada peringatan tertulis " Dalam penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan hati".
Jadi mulai sekarang jangan sembarangan minum obat.

Sekedar berbagi informasi yang singkat ini saja agar kita tahu dan menjadi tambahan pengetahuan supaya kita lebih berhati-hati, serta menjaga anggota keluarga kita bahwa penyakit bertebaran dimana-mana.
Bersama-sama kita perbaiki kwalitas hidup yang bersih dan sehat.
"Kebersihan itu sebagian dari Iman".

20 Feb 2010

Seramaku Bertambah Lagi

Khabar baik menghampiri, ternyata telur-telur serama menetas lagi.
Jadi anggota keluarga serama bertambah lagi, delapan ekor serama lumayan rame deh.
Lucu-lucu sekali, mungil dan terlihat lemah, tapi beberapa bulan lagi pasti sudah terlihat cantik dan tampan.
Nggak usah banyak kata-kata ya, liat gambarnya saja.

15 Jan 2010

Sehat Plus Awet Muda Secara Aman

Banyak cara dilakukan agar tetap sehat dan terlihat awet muda sepanjang masa.
Untuk mendapatkan tubuh sehat banyak caranya antara lain, makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup serta selalu berpikiran positif.

Sedangkan agar terlihat awet muda juga banyak cara yang dilakukan antara lain memakai produk kecantikan yang mengandung anti aging, operasi, suntik Botox dan lain-lain yang membutuhkan biaya relatif mahal.

Sebenarnya ada satu cara yang relatif aman dan murah tapi kita mendapatkan 2 manfaat sekaligus, sehat dan awet muda, mau tahu ?
Jawabannya adalah perbanyak makan buah dan sayuran, mudah khan ?
Karena buah dan sayuran memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.


Mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin juga dapat mencegah resiko terkena kanker sampai 50%, mencegah dari serangan jantung dan stroke, mempertahankan kemampuan mental dan fisik seseorang di usia tua dan menjaga kesehatan dan kemampuan mata akibat katarak.

Buah dan sayuran yang dimaksud diatas antara lain adalah:
1. Tomat
Tomat dikenal sebagai buah penghasil lycopene, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi resiko kanker pankreas, kanker serviks dan juga mempertahankan fungsi mental dan fisik seseorang saat beranjak memasuki usia tua. Lycopene juga terkandung dalam aprikot dan semangka.
2. Bayam
Bayam mengandung beberapa antioksidan yaitu lutein dan folic acid.
Lutein berfungsi seperti betakaroten dalam mencegah penuaan dini sedangkan folic acid berfungsi melindungi otak dan arteri.
Komponen dalam bayam juga berfungsi mencegah penyakit akibat radikal bebas, termasuk penyakit jantung, kanker, hipertensi, stroke dan katarak.
3. Blueberry
Strawberry, blueberry, cranberry dan raspberry banyak mengandung antioksidan. Blueberry mengandung hingga tiga kali lebih banyak anthocyanins, dibandingkan anggur merah.
Blueberry dan cranberry juga membantu mencegah infeksi saluran kemih.
4. Kol
Kol mempunyai kandungan zat yang mampu melindungi dari kanker perut dan payudara.
Jenis antioksidan yang khusus dipunyai kol adalah indole-3 carbinol, yang mampu meningkatkan pembuangan estrogen jahat yang memicu kanker payudara.
5. Wortel
Wortel tekenal dengan betakarotennya yang mampu melawan penuaan dan berbagai macam penyakit kanker dan melindungi mata dari penyakit yang muncul akibat penuaan. Pigmen orange pada wortel juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
6. Bawang
Antioksidan pada bawang membantu mencegah kanker, khususnya kanker perut, penggumpalan darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.
Bawang kaya akan quercetin, antioksidan yang membunuh agen penyebab kanker.
7. Brokoli
Brokoli mengandung sulforaphane dan chromium, yang mampu memperpanjang usia dan melindungi dari kerusakan akibat kurang insulin.
8. Jeruk
Sangat kaya dengan antioksidan yang berfungsi sebagai anti kanker dan glutathione, jeruk juga mempunyai sejenis serat yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol dan aterosklerosis, yaitu pengerasan dan penebalan dinding arteri sedang dan besar.
9. Anggur
Mempunyai banyak sekali antioksidan yang menangkal radikal bebas.
10. Alpokat
Alpokat mengandung banyak lemak baik dan glutathione yang berguna membantu menetralkan lemak jahat dalam makanan.
Mulai sekarang perbanyak makan buah dan sayuran agar lebih sehat dan awet muda.

6 Jan 2010

Ikan Mas Suka-Suka

Ini resep modifikasi sendiri, makanya nggak tahu apa nama masakan ini.
Dulu pernah makan masakan yang mirip seperti ini, di kasih sama tetangga, pengen coba masak sendiri tapi malu mau tanya apa saja bumbunya. Jadinya coba mereka-reka sendiri bumbu apa yang dipakai.
Awalnya sih nggak yakin dengan hasil masakan ini, tapi setelah dicoba malah suami dan anak suka sekali, dan paling nggak dalam dua minggu harus ada.

Saya bagi deh resepnya, mungkin ada yang tau maksudnya ini masakan apa, boleh nanti kasih infonya.
Bahannya :
1. Ikan mas 1/2 kg
2. Bumbu yang dihaluskan :
- Cabai merah 10 buah
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 5 siung
- Kemiri 5 buah
- Kunyit 3 cm
- Jahe 2 cm
- Garam dan gula secukupnya
3. Cabai rawit 10 buah
4. Lengkuas 3 cm
5. Daun salam 2 lembar
6. Serai 1 batang

Cara membuat:
1. Goreng ikan sampai kering
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cabai rawit, lengkuas, daun salam dan serai.
3. Beri sedikit air, setelah agak susut airnya, masukkan ikan.

Jadi deh, mudah sekali kan..??
Resep ini memang sangat sederhana, tapi menurut saya lumayan enak koq, apalagi kalau bosan dengan menu ikan goreng biasa, boleh dicoba.
Selamat makan... nih gambarnya, emh... jangan ngiler ya..