15 Jan 2010

Sehat Plus Awet Muda Secara Aman

Banyak cara dilakukan agar tetap sehat dan terlihat awet muda sepanjang masa.
Untuk mendapatkan tubuh sehat banyak caranya antara lain, makan makanan bergizi seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup serta selalu berpikiran positif.

Sedangkan agar terlihat awet muda juga banyak cara yang dilakukan antara lain memakai produk kecantikan yang mengandung anti aging, operasi, suntik Botox dan lain-lain yang membutuhkan biaya relatif mahal.

Sebenarnya ada satu cara yang relatif aman dan murah tapi kita mendapatkan 2 manfaat sekaligus, sehat dan awet muda, mau tahu ?
Jawabannya adalah perbanyak makan buah dan sayuran, mudah khan ?
Karena buah dan sayuran memiliki antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.


Mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin juga dapat mencegah resiko terkena kanker sampai 50%, mencegah dari serangan jantung dan stroke, mempertahankan kemampuan mental dan fisik seseorang di usia tua dan menjaga kesehatan dan kemampuan mata akibat katarak.

Buah dan sayuran yang dimaksud diatas antara lain adalah:
1. Tomat
Tomat dikenal sebagai buah penghasil lycopene, yaitu antioksidan yang mampu mengurangi resiko kanker pankreas, kanker serviks dan juga mempertahankan fungsi mental dan fisik seseorang saat beranjak memasuki usia tua. Lycopene juga terkandung dalam aprikot dan semangka.
2. Bayam
Bayam mengandung beberapa antioksidan yaitu lutein dan folic acid.
Lutein berfungsi seperti betakaroten dalam mencegah penuaan dini sedangkan folic acid berfungsi melindungi otak dan arteri.
Komponen dalam bayam juga berfungsi mencegah penyakit akibat radikal bebas, termasuk penyakit jantung, kanker, hipertensi, stroke dan katarak.
3. Blueberry
Strawberry, blueberry, cranberry dan raspberry banyak mengandung antioksidan. Blueberry mengandung hingga tiga kali lebih banyak anthocyanins, dibandingkan anggur merah.
Blueberry dan cranberry juga membantu mencegah infeksi saluran kemih.
4. Kol
Kol mempunyai kandungan zat yang mampu melindungi dari kanker perut dan payudara.
Jenis antioksidan yang khusus dipunyai kol adalah indole-3 carbinol, yang mampu meningkatkan pembuangan estrogen jahat yang memicu kanker payudara.
5. Wortel
Wortel tekenal dengan betakarotennya yang mampu melawan penuaan dan berbagai macam penyakit kanker dan melindungi mata dari penyakit yang muncul akibat penuaan. Pigmen orange pada wortel juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
6. Bawang
Antioksidan pada bawang membantu mencegah kanker, khususnya kanker perut, penggumpalan darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik.
Bawang kaya akan quercetin, antioksidan yang membunuh agen penyebab kanker.
7. Brokoli
Brokoli mengandung sulforaphane dan chromium, yang mampu memperpanjang usia dan melindungi dari kerusakan akibat kurang insulin.
8. Jeruk
Sangat kaya dengan antioksidan yang berfungsi sebagai anti kanker dan glutathione, jeruk juga mempunyai sejenis serat yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol dan aterosklerosis, yaitu pengerasan dan penebalan dinding arteri sedang dan besar.
9. Anggur
Mempunyai banyak sekali antioksidan yang menangkal radikal bebas.
10. Alpokat
Alpokat mengandung banyak lemak baik dan glutathione yang berguna membantu menetralkan lemak jahat dalam makanan.
Mulai sekarang perbanyak makan buah dan sayuran agar lebih sehat dan awet muda.

6 Jan 2010

Ikan Mas Suka-Suka

Ini resep modifikasi sendiri, makanya nggak tahu apa nama masakan ini.
Dulu pernah makan masakan yang mirip seperti ini, di kasih sama tetangga, pengen coba masak sendiri tapi malu mau tanya apa saja bumbunya. Jadinya coba mereka-reka sendiri bumbu apa yang dipakai.
Awalnya sih nggak yakin dengan hasil masakan ini, tapi setelah dicoba malah suami dan anak suka sekali, dan paling nggak dalam dua minggu harus ada.

Saya bagi deh resepnya, mungkin ada yang tau maksudnya ini masakan apa, boleh nanti kasih infonya.
Bahannya :
1. Ikan mas 1/2 kg
2. Bumbu yang dihaluskan :
- Cabai merah 10 buah
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 5 siung
- Kemiri 5 buah
- Kunyit 3 cm
- Jahe 2 cm
- Garam dan gula secukupnya
3. Cabai rawit 10 buah
4. Lengkuas 3 cm
5. Daun salam 2 lembar
6. Serai 1 batang

Cara membuat:
1. Goreng ikan sampai kering
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cabai rawit, lengkuas, daun salam dan serai.
3. Beri sedikit air, setelah agak susut airnya, masukkan ikan.

Jadi deh, mudah sekali kan..??
Resep ini memang sangat sederhana, tapi menurut saya lumayan enak koq, apalagi kalau bosan dengan menu ikan goreng biasa, boleh dicoba.
Selamat makan... nih gambarnya, emh... jangan ngiler ya..