2 Mei 2024

Gertak Waspada DBD

 Awal tahun 2024 diiringi dengan datangnya musim penghujan, apalagi akhir-akhir ini malah hampir setiap hari hujan turun. 

Alhamdulillah yaa.. tanaman tumbuh subur, dan juga keadaan tidak gersang seperti saat kemarau panjang. Tapi masalah lain sering kali ikut serta, misalnya kenaikan kasus DBD. 

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus DBD, maka Puskesmas Way Kandis melaksanakan kembali kegiatan Gertak Waspada DBD (Gerakan Serentak Waspada DBD) . Beberapa tahun lalu kegiatan serupa ini sudah dilaksanakan juga, tapi dengan nama Gebrak DBD, ini merupakan salah satu inovasi Puskesmas Way Kandis.

Lokasi pertama kegiatan di tahun ini adalah sekitar kantor kelurahan Perumnas Way Kandis. 

Kegiatan ini sangat didukung oleh linsek. Bahkan pak Camat Tanjung Senang sampai ikutan turun juga, bersama bu Lurah Perumnas Way Kandis mendampingi team gertak waspada DBD dari puskesmas. 


Diawali dengan foto bersama linsek, lalu tim dibagi menjadi beberapa kelompok, melakukan kunjungan door to door untuk memberikan edukasi mengenai PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan cara pencegahan DBD. Team juga membagikan leaflet dan bubuk abate untuk warga yang memerlukan. Jika kami temui sumber perkembang biakan jentik nyamuk, team juga turun tangan menyingkirkan barang-barang tersebut agar aman. 





Setelah selesai,team menuju titik kumpul dimana beberapa warga sekitar telah berkumpul, untuk menerima penyuluhan lebih lanjut.



Gak lupa donk.. tetep ada yang mendokumentasikan kegiatan ini.

Semoga kesadaran warga tentang PSN meningkat yaak.. agar kasus DBD dapat diminimalisir terjadinya. Yang paling penting adalah merubah mindset warga dari fogging oriented menjadi PSN oriented. 


0 komentar: