Rabu, Oktober 31

JAMBAN KELUARGA

Jamban adalah bangunan untuk membuang kotoran manusia/najis.
Jamban keluarga adalah jamban untuk dipergunakan oleh suatu keluarga.

Jamban dapat dikatakan sehat apabila :
1. Kotoran yang dibuang di dalamnya tidak mencemari air dan lingkungan.
2. Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga maupun tikus.
3. Tidak menjadi sarang nyamuk/lalat.
4. Tidak menimbulkan bau yang mengganggu.
5. Rumah jamban cukup terang dan cukup lubang angin.

Manfaat jamban sehat adalah dapat mencegah tersebarnya penyakit seperti muntaber, diare, typhus, desentri, kecacingan, gatal-gatal dan sebagainya.
Sebab kotoran manusia dapat mengandung bibit penyakit.

Cara menggunakan jamban :

  1.  Jamban leher angsa memerlukan air untuk menggunakannya. Pada bagian leher angsa dari jamban ini selalu berisi air.Selesai digunakan , kotoran perlu digelontor dengan air sampai hilang/tidak terlihat lagi.
  2. Jamban tanpa air, sesuai dengan namanya tidak memerlukan air penggelontor, kecuali untuk cebok. Sebelum digunakan tutup lubang dibuka, setelah jamban selesai  digunakan lubang jongkok harus ditutup kembali. Jadi bila jamban tidak sedang digunakan lubang harus ditutup.
Cara memelihara jamban:
1. Bersihkan selalu setelah selesai dipergunakan.
2. Perbaiki bila ada bagian-bagian yang rusak.




Kamis, Oktober 18

Ciyus Miapa

Pernah denger atau lihat orang ngomong "CIYUS MIAPA" ??
Truss bingung deeh, bahasa planet mana lagi tuh..?? Pertama kali denger kata itu juga bingung banget tuh. Habisnya nggak di facebook nggak di twitter sering ada yang nulis begitu. Karena penasaran coba cari tau dulu artinya. Ternyata artinya begini : "Serius Demi apa"

Olala...aneh-aneh ya bahasa jaman sekarang, pernah ada juga yang komen di salah satu status di FB, ditulisnya "Cemungud", lagi-lagi pada saat itu kurang "ngeh" juga ternyata artinya semangat.

Ha...ha... geli banget deeh, bahasa alay koq eksis banget dimana-mana. Lucu-lucu sih bahasa alay itu.
Kreatif atau kelewat kreatif ya yang bikin trend alay ini. Nggak cuma bahasa, dandanan bahkan gayanya juga punya ciri tersendiri.
Tapi rada miris juga sih,generasi sekarang bukannya melestarikan bahasa Indonesia yang baik dan benar justru mengacaukan bahasa yang sudah ada jadi aneh-aneh.

Selasa, September 25

STOP TAWURAN !!!!



Gara-gara berita tawuran antara SMAN 70 dan SMAN 6 Jakarta yang sampe memakan korban nyawa seorang pelajar, jadi teringat waktu sekolah SMA dulu.
Selama 3 tahun sekolah di SMAN 12 Bandar Lampung, mengalami juga yang namanya tawuran setiap tahun. Yang pastinya tiap bulan Agustus, sekolahku dikeroyok oleh gabungan pelajar STM.
Padahal pemicunya hanya masalah sepele, tersinggung karna lihat-lihatan, kesenggol sampe masalah rebutan cewek.
Alhamdulillah sesudah lulus dari sana, nggak terdengar lagi kabar kalau SMAN 12 masih sering tawuran.

Sedih yaaa.... koq tawuran jadi sesuatu hal yang marak dimana-mana, nggak cuma pelajar SMP, SMA bahkan mahasiswa dan masyarakatpun gampang tersulut untuk ikut-ikutan terlibat tawuran.
Apapun alasannya, kenapa musti menyelesaikan masalah dengan kekerasan yang notabene nggak akan ada manfaatnya, justru lebih banyak mudharat dan kerugian yang didapat.

Mirisnya lagi tawuran sampai memakan korban nyawa dan luka-luka. Bayangkan gimana sedihnya orang tua dan saudara kalau sampe diri kita sendiri yang menjadi korban.
Duuhh... nyawa manusia kok seperti nggak ada harganya.
Apalagi yang terlibat justru kaum pelajar dan mahasiswa yang konon adalah kaum pemikir dan golongan intelek, bawa-bawa senjata tajam, bambu, batu dan macam-macam. Yang dilawan dan diserang malah bangsa sendiri. Benar-benar aneh masyarakat kita ini.

Pihak berwajib harus ekstra tegas bertindak, untuk mengantisipasi hal-hal semacam ini terulang lagi. Adanya tindakan tegas mungkin perlu untuk menimbulkan efek jera agar tiap orang berpikir ulang untuk terlibat tawuran. Dan kembali lagi kepada keluarga masing-masing, mungkin ada yang salah dalam pola asuh di dalam keluarga, atau anak yang kurang dapat perhatian dan kasih sayang.
Intinya kita semua harus mencari solusi terbaik agar tawuran benar-benar STOP sampai di sini.

Moga saja peristiwa tawuran antara SMAN 70 dan SMAN 6 itu jadi yang terakhir dan nggak ada lagi tawuran-tawuran semacam itu.



Senin, September 10

Penyediaan Air Bersih

Air bersih adalah air yang dapat diminum dengan dimasak terlebih dahulu.
Syarat fisik air harus:
1. Jernih
2. Tidak berwarna
3. Tidak berasa/ tawar
3. Tidak berbau

Air bersih dapat diminum dengan aman apabila tidak mengandung  bibit penyakit dan bahan kimia berbahaya.
Air bersih dapat diperoleh dari sumur pompa, sumur gali yang tertutup, mata air yang dirawat, bak penampungan air hujan, ledeng atau sistem perpipaan, sumur artesis, terminal air, kran umum/ hidran umum dan lain-lain.

Air sumurpun bisa tercemar sehingga airnya tidak bersih lagi.
Karena itu konstruksi sumur harus memenuhi syarat, misalnya :
* Jarak sumur dengan jamban tidak boleh kurang dari 10 meter.
* Sumur gali harus mempunyai selongsong minimum sedalam 3 meter dari permukaan tanah.
* Sumur gali dengan timba dan tali  tidak dianjurkan bila timba dan tali tersebut mudah kotor.
* Air limbah atau air bekas disekitar sumur harus dibuang jauh-jauh , paling sedikit 10 meter dengan
   menggunakan SPAL.
* Sumur gali yang tanpa tutup sangat mudah kemasukan kotoran sehingga airnya tercemar.