21 Des 2011

BARBIE CAKE VISTA

Alhamdulillah... puji dan syukur kuucapkan kepada-Mu Ya Allah... Bertepatan dengan hari IBU tanggal 22 Desember 2011 ini putri kecilku genap berusia 1 tahun, semoga Vista-ku selalu dilimpahi karunia kesehatan, kecerdasan, rizky yang halal, tercapai segala cita-cita dan harapannya. Dan menjadi anak yang shaleha kebanggaan orang tua. Amin.

Di hari ultahnya yang pertama pengen banget deh bikin sesuatu yang idenya sudah lama terpendam, apaan tuh..?? Barbie cake tentunya, selama ini gak pernah buat karena baru kali ini punya putri cantik, sebelumnya khan cuma punya mas ganteng Nuno... :p

Langsung deeh browsing cara buat barbie cake di internet, wow ngiler banget lihat gambar-gambar barbie cake yang cuantik-cuantik... Pesimis jadinya, bisa gak ya buatnya, secara perkakas yang dipunyai cuma alakadarnya. Tapi kalo gak dicoba tetep penasaran khan...

Sudah dapat resepnya untuk base cakenya pake resep brownis kukusnya Ny. Liem yang udah kesohor. Beneran deh ternyata brokusnya memang uenaaak dan super duper lembut banget.
Sehari sebelumnya berburu bahan kue dulu ke pasar, untungnya lengkap juga tuh toko kue mbak Ade yang di pasar Way Kandis.
Sorenya langsung bertempur di dapur mungilku, dibantu jagoanku yang mau bantuin pegang mixer. Abisnya si adek yang mo ultah agak rewel nggak mau ditaruh di baby walker.



Share resepnya dulu ya, bahan-bahan yang dipakai :

Bahan I:
1. Telur 12 butir
2. Gula pasir 450 gr (untung papanya anak-anak punya timbangan)
3. Garam 1/2 sdt
4. SP 20 gr (emulsifier)
5. Vanili 1/2 sdt

Bahan II: (campur dan ayak)
1. Tepung terigu kunci biru 250 gr
2. Coklat van houtten 100 gr ( aku pake cuma 45 gr karena salah baca resep jadi belinya kurang)
3. Baking powder 1 1/2 sdt

Bahan III: (cairkan)
1. Dark compoun chocolate ( pake merek Collata, dicairkan di dalam magic com)
2. Minyak sayur 350 ml ( diukurnya pake bekas dot baby..he..he..)

Bahan IV:
1. Susu kental manis 150 ml

Dihias menggunakan:
1. Fondant
2. Pewarna makanan
3. Choco chips warna warni

Cara membuat:
1. Campurkan bahan I, kocok sampai mengembang dan kental.
2. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Lalu tuang bahan III, aduk
perlahan sampai tercampur dan jangan ada minyak yang tertinggal di dasar wadah. Bagi
adonan menjadi 3, salah satu bagian campurkan dengan bahan IV.
3. Tuang 1 bagian yang tidak diberi SKM, kukus selama 10 menit dalam panci yang sudah
dipanaskan.
4. Tuangkan adonan yang diberi bahan IV, kukus kembali selama 10 menit.
5. Masukkan adonan terakhir, kukus lagi selama 25 sampai 30 menit.
6. Angkat dan dinginkan, siap dihias.



Nah inilah penampakan terakhir barbie cakenya, yach meskipun gak terlalu bagus dan masih amburadul soal kerapian dan kurang ide-ide kreatifnya, secara khan perkakas kerjanya juga minim sekaleee..... rolling pin diganti pakai botol sirup marjan, trus cetakan fondant juga gak punya sama sekali, yang ada cuma cetakan kue kering biasa, loyang pake loyang asal yang penting bentuknya mirip rok barbie....



Tapi setidaknya ada rasa puas karena sudah terlaksana buat barbie cakenya. Lain kali pengen deeh buat lagi, kalau bisa sih yang lebih cantik lagi.


11 Des 2011

Rangkaian Mote-Mote Cantik

Selain musim hujan kayanya sekarang lagi musim orang buat kerajinan mote-mote yang cantik ya :p

Dimana-mana sering banget kulihat orang merangkai mote-mote untuk menghias wadah tissue, keranjang air minum kemasan, wadah permen dan berbagai aksesories rumah tangga lainnya.

Teman-teman juga lagi terkena wabah demam mote-mote, cuma aku yang belum ikut-ikutan karena masih banyak kewajiban pekerjaan yang belum terselesaikan. Bukannya nggak tertarik sih, tapi belum aja. Padahal dalam hati sudah pengen mulai belajar merangkai mote-mote.



Soalnya kalau beli harganya masih lumayan mahal, sedangkan kalau buat sendiri bisa menghemat biaya sampai 50 %. Jadinya aku cuma sibuk motret-motret karya teman yang udah sukses dengan hasil kerajinan tangannya.

Dijamin pasti ngiler lihatnya...he..he...




20 Nov 2011

Taman Satwa Dan Wisata Bumi Kedaton

Mau jalan-jalan tapi bingung nggak ada tujuan, ke pantai belum berani karena si dedek masih kecil soalnya jarak dari rumah terlalu jauh. Lalu ada request dari Nuno yang kepingin ke bonbin lagi setelah lama nggak pergi ke sana, akhirnya jadi juga tamasya dadakan ke Taman satwa dan wisata Bumi kedaton.


Karena perginya tanpa direncanakan, nggak ada yang namanya persiapan masak-masak untuk bekal piknik. Jadilah mampir dulu ke RM Dua Saudara beli nasi padang, dan RM Ayam bakar Bejo di Tanjung Seneng, sekalian lewat sih. Sengaja beli nasi bungkus selain praktis karena nggak perlu repot masak juga nggak ribet bawa-bawa wadah, sudah dibungkus sih, selesai tinggal buang sampah aja.

Pikniknya niat banget pingin foto-foto karena sekalian cari bahan untuk "ngeblog", sambil menyelam minum air deeeeh...Ha...ha...

Kalau gitu kita mulai deh cerita tentang tempat wisata ini.
Nama lokasinya udah jelas donk Taman satwa dan wisata Bumi Kedaton, alamatnya di Jl. W.A.Rahman No. 1.2.3 Batu putu Teluk Betung Utara Bandar Lampung.


Tiket masuk untuk pengunjung dewasa Rp. 8.000,- sedangkan anak-anak/pelajar Rp. 7.000,-
Tempatnya asik banget, masih agak bersuasana hutan gitu. Ada fasilitas kolam renang, outbond, naik gajah, naik kuda, dll.
Ada kafe juga sih, jadi kalau yang nggak bawa makanan dan minuman juga nggak perlu khawatir kelaparan.
Kebetulan hari minggu kemarin pengunjungnya nggak terlalu ramai, jadi suasananya masih agak sepi. Begitu masuk lewat pintu taman satwa langsung disambut oleh oom badut, foto dulu sebentar. Baru datang lipstiknya masih merah...ha..ha.. pas habis makan jadi hilang deeeh... :p


Pas sampai langsung cari tempat yang enak untuk bongkar bawaan sekaligus isi bensin, he..he..khan sampainya udah lumayan siang jadi waktunya tepat banget untuk makan siang.

Semua lahap banget makannya, si papa makan pakai nasi rendang, tambah pake ikan mas bakar ala padang juga. Nuno makan nasi ayam goreng padang, kalau mama nya pake ayam bakar plus sayur asem. Karena nggak bawa wadah untuk sayur asem, otomatis pake plastik dan agak repot. Mana sambil mangkuin si dedek lagi, biar nggak usil gangguin papa mama dan kakaknya makan, adek disogok pake kerupuk aja.


Selesai makan, mulai deh acara jalan-jalannya. Dimulai dari kandang unggas, ada banyak burung di sana. Kebetulan burung merak lagi pamer bulu-bulu indahnya, papa sibuk banget langsung foto-fotoin tuh burung.



Secara di rumah juga papa punya peliharaan yang namanya ayam Serama, makanya suka juga sama yang sejenis unggas macam burung dan ayam-ayam.
Ada burung kakak tua, burung hantu tapi masih kecil, elang, kasuari dan ayam hutan yang bulunya cantik banget. Sampe dedek sibuk jerit-jerit kesenangan karena belum pernah lihat hewan-hewan semacam itu.


Kalau kakaknya sih sibuk sendiri pingin lihat harimau dan buaya, tapi harimau dan buayanya nggak bisa difoto karena ngumpet di dalam kandang, selain itu banyak macam-macam monyet juga yang belum pernah dilihat. Ada juga ular sanca batik, kijang, kambing gunung dll.



Sayangnya papa nggak mau diajak turun ke bawah soalnya khan jalannya lumayan jauh dan tanjakannya itu lho... lumayan bikin kaki pegel dan nafas turun naik. Padahal di bawah pemandangannya nggak kalah bagus, ada jembatan gantung dan jenis wahana lain.



Puas muter-muter tiba saatnya pulang walaupun kakak belum mau pulang, tapi khan kasihan sama dedek yang nggak bisa bobok siang. Terpaksa mau juga kakak diajak pulang sambil mukanya cemberut. He..he.. nggak tega sih, niatnya khan mau nyenengin anak tapi kok malah jadi ngambek.



Setelah keluar dari lokasi taman, lama-lama kakak nggak marah lagi kok. Apalagi sepanjang perjalanan pemandangannya bagus banget, jalanannya turun naik dan berkelok-kelok. Melewati sungai yang namanya kali akar, sayangnya nggak sempet foto-foto lagi.

9 Nov 2011

DUNIA ANAK.... SENYUMMU BAHAGIAKU

Niatnya cuma mau nyenengin anak-anak aja, meskipun badan capek dan pegal-pegal. Demi anak-anak akhirnya pergi juga ke salah satu mall di Bandar Lampung.
Senangnya lihat anak-anakku bermain. Meskipun si kecil belum bisa menikmati permainan sepenuhnya, tapi minimal dia menikmati suasana meriah yang ada, lampu yang berkelap-kelip dan warna warni.







25 Okt 2011

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di Sekolah

Akhirnya bisa kembali menulis di blog yang sederhana ini.... kali ini saya mau membagi sedikit tentang PHBS, pasti kita sudah nggak asing dengan istilah PHBS khan..?? Di televisi, pamflet, poster atau banner di pusat pelayanan kesehatan atau sekolah maupun di jalan sering koq kita baca. Hanya saja mungkin kita tidak terlalu memperhatikan apa sih PHBS itu.

Bertepatan dengan kegiatan Pemantauan kantin sehat dan penyuluhan tentang program PHBS di sekolah yang baru saja dilakukan oleh saya selaku petugas sanitasi bersama Pak Purwantoro, rekan saya selaku petugas PROMKES, jadi masih hangat dipikiran. Nggak ada salahnya kalau saya coba tulis di sini.

Yuuk kita mulai aja saja mengenal yang dimaksud dengan PHBS.
PHBS itu merupakan singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Kategori PHBS ada yang penerapannya di dalam rumah tangga maupun di sekolah. Tapi saat ini yang mau saya tuliskan di sini khususnya PHBS yang diterapkan di lingkungan sekolah.

Adapun pengertian PHBS di sekolah bisa diartikan sbb : kebiasaan/perilaku positif yang dilakukan oleh setiap siswa, guru, penjaga sekolah,petugas kantin sekolah, orang tua siswa dan lain-lain yang dengan kesadarannya untuk mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya serta aktif dalam menjaga lingkungan sehat di sekolah.

Ada 8 indikator PHBS di sekolah antara lain adalah :
1. Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan memakai sabun
2. Jajan di kantin sekolah yang sehat
3. Membuang sampah pada tempatnya
4. Mengikuti kegiatan olah raga di sekolah dengan terukur dan teratur
5. Mengukur berat badan dan tinggi badan secara teratur setiap 6 bulan
6. Bebaskan diri dari asap rokok
7. Memberantas jentik nyamuk
8. Buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB) di jamban sekolah

Sekarang kita bahas lebih mendalam satu persatu ke-8 indikator tersebut..yuuk mariii...:p

1. Mengapa harus mencuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir dan memakai sabun..??
Sebab air yang tidak bersih banyak mengandung kuman dan bakteri penyebab penyakit, bila digunakan maka kuman dan bakteri berpindah ke tangan. Pada saat makan kuman dengan cepat masuk ke dalam tubuh yang bisa menimbulkan penyakit antara lain diare, thypus, cacingan, flu burung dll.
Sedangkan dengan memakai sabun maka kotoran dapat dibersihkan dan juga sabun bisa membunuh kuman, karena itu biasakan mencuci tangan dengan memakai air bersih yang mengalir dan memakai sabun. Jangan lagi menggunakan kobokan/air yang ditampung di dalam baskom. Apalagi digunakan untuk mencuci tangan secara bergantian.



2. Mengapa tidak boleh jajan sembarangan ?
Sebab bila jajan sembarangan, kita tidak bisa memastikan apakah jajanan tersebut bersih, sehat, bergizi dan aman dikonsumsi.
Jajanan yang tidak terjamin kebersihannya bisa saja sudah tercemar kuman sehingga menyebabkan penyakit diare, disentri atau terkontaminasi telur cacing.
Jajan sembarangan tidak aman karena kita tidak tahu apakah bahan tambahan makanan (BTM) yang digunakan seperti zat pewarna, pengawet, pemanis dan bumbu penyedapnya aman untuk kesehatan atau tidak.
Berhati-hatilah pada makanan atau minuman yang warnanya terlihat mencolok.
BTM yang tidak aman bisa menjadi racun bagi tubuh, reaksi yang ditimbulkan oleh keracunan makanan bisa berupa muntah, diare bahkan syok.

Mengapa harus jajan di kantin sekolah ?
Karena makanan yang dijual cukup mengandung gizi, terjamin kebersihannya, terbebas dari zat-zat berbahaya dan terlindung dari serangga dan tikus.
Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi maka akan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan siswa, sehingga siswa menjadi lebih berprestasi di sekolah.

3.Mengapa harus membuang sampah pada tempatnya ....???
Seperti yang kita tahu sampah merupakan sarang kuman dan bakteri penyakit. membuang sampah pada tempatnya menghindarkan tubuh agar tidak tertular penyakit dan juga untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Apa akibatnya kalau membuang sampah sembarangan ??
Sampah akan menjadi tempat berkembang biak serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran terhadap tanah, air dan udara.Sampah menjadi media perkembangan kuman-kuman penyakit yang dapat membahayakan kesehatan. Dan sampah juga bisa menimbulkan kecelakaan dan kebakaran.

Kategori sampah dapat dibedakan menjadi :
* Sampah organik/basah yakni sampah yang bisa membusuk secara alami misalnya dedaunan, sisa sayuran, buah dan makanan.
* Sampah anorganik/kering yakni sampah yang tidak dapat mengalami pembusukan secara alami, contohnya logam, kertas, plastik, karet, pecahan kaca.
* Sampah berbahaya yakni sampah yang bila dibuang ke lingkungan tidak mudah terurai dan bisa menjadi sumber pencemar berbahaya seperti baterai, botol obat nyamuk, jarum suntik bekas, plastik pembungkus bahan kimia.

4. Tujuan dan Manfaat Olah Raga secara teratur
Tujuannya adalah agar tubuh selalu bugar, lebih bersemangat dalam belajar, memelihara fisik dan mental agar tetap bugar dan tidak mudah sakit serta untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik yang optimal.
Manfaat olah raga yang teratur antara lain berat badan terkendali, otot lebih lentur dan tulang lebih kuat, bentuk tubuh lebih ideal dan proporsional, daya tahan tubuh terhadap penyakit lebih baik dan menghindarkan diri dari penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, stroke dan hipertensi.
Tapi tetap saja harus mengikuti cara berolah raga yang benar ya, pakailah pakaian olah raga yang menyerap keringat, pakai sepatu olah raga sesuai ukuran kaki, lakukan pemanasan sebelumnya.






5. Mengapa perlu mengetahui berat badan dan tinggi badan ??
Untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan badan serta status gizi. Agar pertumbuhan anak dapat berkembang secara optimal.
* Tanda-tanda siswa dengan gizi kurang antara lain : siswa tampak kurus, tidak segar, tidak ceria, malas melakukan aktifitas dan cenderung sering sakit.
* Tanda-tanda siswa dengan gizi berlebih : siswa terlihat gemuk, bentuk tubuh tidak seimbang, tidak bisa bergerak bebas, nafas mudah tersengal-sengal jika beraktifitas, mudah lelah dan malas bergerak.
* Tanda-tanda anak dengan gizi normal :tumbuh normal, segar, giat ceria, mata bersih bersinar. Nafsu makan baik.

6. Mengapa dilarang merokok ?
Karena banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan oleh rokok, antara lain terjangkit penyakit kanker paru-paru, kanker mulut, penyakit jantung, batuk kronis, kelainan kehamilan, katarak, kerusakan gigi, dan efek ketagihan serta ketergantungan terhadap rokok.
Di dalam sebatang rokok terkandung 4.000 bahan kimia dan 43 senyawa yang terbukti menyebabkan kanker. Bahan utama rokok terdiri dari nikotin, tar dan CO.
Nikotin bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah. Aliran darah dan jantung menjadi terganggu. Nikotin juga menyebabkan kecanduan pada perokok.
Tar merupakan bahan kimia beracun yang dapat mengakibatkan kerusakan sel paru-paru dan menyebabkan kanker.
CO merupakan gas beracun yang berakibat pada kurangnya kemampuan darah membawa oksigen sehingga mengakibatkan otak, jantung dan organ tubuh yang penting menjadi kekurangan oksigen.

Bagaimana supaya terhindar dari merokok..??
JANGAN pernah mencoba untuk merokok, JANGAN mau terbujuk rayuan untuk merokok, berani bilang TIDAK jika ada yang menawari rokok, katakan TIDAK MAU kalau ada yang mengajak merokok, TEGUR kalau ada yang merokok di sekolah, Katakan TIDAK BOLEH untuk penjual rokok di lingkungan sekolah, pilih dan bergaul dengan yang tidak merokok.

7. Mengapa perlu memberantas jentik nyamuk..??
Untuk memutuskan mata rantai siklus hidup nyamuk, sehingga nyamuk tidak berkembang di lingkungan sekolah. Khususnya jentik nyamuk Aedes aeghypty yang menyebabkan penyakit DBD, karena nyamuk ini menggigit pada siang hari dimana siswa sedang belajar.
Perlu dilakukan kegiatan 3 m yaitu, menguras tempat-tempat penampungan air seminggu sekali seperti vas bunga,bak mandi dll , menutup tempat-tempat penampungan air dengan rapat dan mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan.
Bila tidak memungkinkan dapat juga dilakukan larvasida/abatisasi (menaburkan bubuk abate) pada tempat- tempat yang sulit dikuras dan sedikit air, atau memelihara ikan predator jentik di kolam sekolah.



8.Mengapa harus memakai jamban saat BAK dan BAB..??
Untuk menjaga agar lingkungan selalu bersih, sehat dan tidak berbau. Supaya tidak mencemari sumber air dilingkungan sekitar.
Dan juga agar tidak mengundang datangnya serangga kecoa/ lalat yang dapat menjadi vektor penyakit seperti diare, cholera, disentri, thypus, cacingan dll.

Bagaimanakah jamban yang sehat itu
* Tidak mencemari sumber air minum (berjarak minimal 10 meter dari sumber air)
* Tidak berbau
* Kotoran tidak dapat dijamah oleh serangga dan tikus
* Tidak mencemari tanah sekitarnya
* Mudah dibersihkan dan aman digunakan
* Dilengkapi dinding dan atap pelindung
* Penerangan dan ventilasi cukup
* Lantai kedap air dan luas ruangan memadai
* Tersedia air, sabun dan alat pembersih.

Itulah uraian mengenai PHBS di Sekolah, kemarin materi ini sempat kami berikan pada saat penyuluhan di SMP se kecamatan Tanjung Senang. Yaach senang juga sih bisa menginjakkan kaki di SMPN 19 Bandar Lampung, salah satu tempat Pemantauan PHBS sekolah.
Selain berbagi sedikit ilmu juga sekalian kangen-kangenan karena dulu saya alumni SMPN 19 Bandar lampung.
Kapan-kapan akan saya tuliskan mengenai PHBS di rumah tangga. Semoga bermanfaat untuk yang berkenan membaca.

28 Sep 2011

Bidadari Kecilku

Sekian lama absen dari kegiatan menulis di blog-ku yang sederhana ini sekarang jadi terasa kangeeen juga. Yaaach mau nggak mau sih tertunda bloggingnya karna menyesuaikan dengan padatnya kegiatan baru yang ada.

Tambah sibuk karena kehadiran si cantik, seorang bayi mungil yang hadir ditengah-tengah keluargaku sejak tanggal 22 desember 2010. Lahir dengan berat 2,8 kg dan panjang 48 cm.

Kehadirannya benar-benar membuat kami sekeluarga sangat bahagia. Apalagi Nuno, anak pertamaku yang sudah lama menantikan kelahiran adiknya dengan tidak sabar.

Gadis kecilku ini diberi nama "Livista Nidya Pristiandy"...... panggilannya singkat saja yaitu "Vista".

Cantik dan manis wajahnya, (jangan protes ya... namanya juga anak sendiri jadi boleh donk dipuji-puji setinggi langit). agak mirip sama mas Nuno nya.

Semoga kelak dia menjadi anak yang sholeha, berguna bagi nusa, bangsa dan agama serta anak kebanggaan orang tuanya. Amin.