1 Nov 2009

Hati-hati Memilih Kosmetika

Siapa sih yang nggak mau terlihat cantik?
Pasti setiap wanita di dunia ini ingin terlihat cantik, menawan dan yang pasti putih.
Karena alasan itulah, maka banyak konsumen yang terjebak penggunaan kosmetika berbahan kimia berbahaya.

Misalnya saja penggunaan mercury atau yang lebih dikenal dengan air raksa, hydroquinon di dalam bedak, cream pemutih dan kosmetika lainnya dan Rhodamin-B di dalam lipstik dan blush on.

Sangat besar bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian kosmetika mengandung mercury (Hg), antara lain kulit iritasi, rasa terbakar pada kulit, dan pada akhir pemakain malah akan menimbulkan flek-flek hitam, itu efek negatif yang tampak dari luar, sedangkan efek yang dirasakan dari dalam tubuh yaitu dapat mengakibatkan kerusakan pada ginjal, otak dan gangguan janin , juga merupakan zat yang bersifat karsinogen (menyebabkan kanker) walaupun pada pemakaian hanya dioleskan karena merkuri mudah diserap masuk ke dalam darah dan memasuki sistem syaraf.
Sebenarnya pemakaian mercury pada kosmetika sudah sangat dilarang sejak dulu karena dampak yang sangat berbahaya bagi pemakai.
Tapi masih ada saja produsen nakal yang mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan keinginan konsumen untuk tampil cantik dan putih dengan cara yang lebih cepat.

Sedangkan penggunaan hydroquinon masih diperbolehkan dalam batas-batas tertentu.
Walaupun diperbolehkan tapi bahayanya juga tak kalah dari mercury, antara lain adalah rasa terbakar pada kulit, iritasi, juga dapat menyebabkan kanker darah (leukemia), kanker sel hati (hepatocelluler adenoma) dan kelainan pada ginjal (nephropathy) terutama untuk penggunaan dalam jangka waktu lama. Gejala keracunan mercury yang muncul sebagai gangguan sistem saraf adalah tremor, insomnia, gangguan penglihatan, pikun, gangguan emosi, depresi dan gerakan tangan abnormal (ataxia).

Bahan berbahaya lain yang sering terkandung dalam kosmetika yaitu pewarna Rhodamin-B, yang biasanya terdapat pada lipstik dan blush on, digunakan agar dapat meninggalkan kesan merona yang tahan lama pada pipi dan bibir.
Sebenarnya Rhodamin-B adalah pewarna sintetis yang digunakan pada tekstil, sehingga penggunaan pada kulit dapat menyebabkan sifat karsinogenik dan gangguan pernafasan.

Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam memilih kosmetika yang akan digunakan, pilih produk yang sudah terdaftar dan memiliki kode dari BPOM dan DepKes.
Untuk apa memiliki kulit putih dan terlihat cantik tapi bermasalah...??

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah boleh nih artikel nya