10 Nov 2009

Lumpia ala Dewi


Pulang dari jemput Nuno di sekolahnya, langsung siap-siap masak untuk makan siang.
Selesai masak tinggal santai karena kerjaan lain sudah beres dari tadi pagi.
Nonton tv diselingi facebook-an, rasanya ada yang kurang. Pengen makan sesuatu, akhirnya kepikiran buat lumpia aja yang mudah dan cepat jadi. Bahan sudah ada di kulkas, tinggal siap-siapin saja, mulai deh....

Bahan :
1. Tepung terigu 150 gr
2. Telur 2 butir
3. Air secukupnya
4. Royco 1 bungkus
5. Bumbu bawang putih 5 siung, ketumbar 1/2 sdt, garam 1/4 sdt (dihaluskan)
6. Kentang 1 buah potong kotak kecil
7. Untuk isian : Wortel 1 buah potong kotak kecil
8. Paha ayam 2 buah potong kecil-kecil
9. Cumi 5 buah (kebetulan ada jadi dipakai juga)
10. Daun bawang 2 lembar dirajang halus
11. Cabai rawit untuk pelengkap
12. Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Buat kulit lumpia dulu, terigu diaduk bersama putih telur dan bumbu halus, beri air secukupnya sambil diaduk rata.
2. Buat dadar kulit lumpia tipis-tipis, lakukan sampai adonan habis, sisihkan
3. Tumis wortel, kentang, ayam, cumi, daun bawang dengan sedikit minyak, beri sebungkus Royco rasa ayam.
4. Letakkan isian di atas kulit lumpia yang sudah dibuat, lipat , lakukan sampai habis.
5. Kocok lepas kuning telur
6. Celupkan lumpia ke dalam kocokan telur lalu goreng dalam minyak panas, sampai kuning kecoklatan.

Akhirnya jadi 15 buah lumpia, dimakan pakai cabe rawit.
Kalau soal rasa lumayanlah, gak dicela suami dan anak, tapi kalau penampilan memang masih kurang rapi, yach namanya juga koki amatiran, bisa masak juga sudah lumayan.
Ada yang mau coba lumpia alakadarnya ?? Boleh kok, datang aja ke sini nanti saya buatkan khusus untuk anda.


10 komentar:

ina mengatakan...

hemm....
pagi2 dah ngliat mba Dewi bikin Lumpia...

jdi laper nieh,...
mau dunk,... copy ah,.. buat dikasih mami, biar dibikinin,... :)

Aisy mengatakan...

kalo saya bukannya jadi laper Mbak Ina,tapi tambah ngiler hahaha.....ckk ckkk ckk cckkk....waow enak sekali kelihatannya hehehe........

Cinta Dewi mengatakan...

walah2... beneran apa ngenyek nih..??
Bentuknya aja gak karuan koq...

Cinta Dewi mengatakan...

walah2... beneran apa ngenyek nih..??
Bentuknya aja gak karuan koq...

KAISAR ON THE ROAD mengatakan...

kunjungan siang...jadi laper nih...bagi-bagi dunk

Munir Ardi mengatakan...

salam kenal mbak dewi blog yang cantik tetap semngat dan keep posting

aghoes mengatakan...

mantap ya...

jd pengen ni ......

tp dah tengah malam..........

aaSlamDunk mengatakan...

semarang, kotanya loenpia mba hehehee
slam kenal

lia mengatakan...

hmmmm,, sepertiny enak..

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat wah bagus izin saya praktekkan aja he..he..pasti siip dech thnxs n good luck ya