6 Jan 2010

Ikan Mas Suka-Suka

Ini resep modifikasi sendiri, makanya nggak tahu apa nama masakan ini.
Dulu pernah makan masakan yang mirip seperti ini, di kasih sama tetangga, pengen coba masak sendiri tapi malu mau tanya apa saja bumbunya. Jadinya coba mereka-reka sendiri bumbu apa yang dipakai.
Awalnya sih nggak yakin dengan hasil masakan ini, tapi setelah dicoba malah suami dan anak suka sekali, dan paling nggak dalam dua minggu harus ada.

Saya bagi deh resepnya, mungkin ada yang tau maksudnya ini masakan apa, boleh nanti kasih infonya.
Bahannya :
1. Ikan mas 1/2 kg
2. Bumbu yang dihaluskan :
- Cabai merah 10 buah
- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 5 siung
- Kemiri 5 buah
- Kunyit 3 cm
- Jahe 2 cm
- Garam dan gula secukupnya
3. Cabai rawit 10 buah
4. Lengkuas 3 cm
5. Daun salam 2 lembar
6. Serai 1 batang

Cara membuat:
1. Goreng ikan sampai kering
2. Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan cabai rawit, lengkuas, daun salam dan serai.
3. Beri sedikit air, setelah agak susut airnya, masukkan ikan.

Jadi deh, mudah sekali kan..??
Resep ini memang sangat sederhana, tapi menurut saya lumayan enak koq, apalagi kalau bosan dengan menu ikan goreng biasa, boleh dicoba.
Selamat makan... nih gambarnya, emh... jangan ngiler ya..

5 komentar:

FaiS mengatakan...

hmhmhmhmhm...
kayknya enak nich..

CHIN ROSE mengatakan...

Apa nggak ditambahin gula merah mbak? sedikit dulu buat eksperimen. Nanti kalau ternyata lebih enak baru ditambahin.
Selamat menikmati

Ikhsan mengatakan...

Aduuh jadi lapar

Cinta Dewi mengatakan...

Fais dan Ikhsan makasih koment nya...
Chin Rose: boleh2 aja mas

Mif on the duty mengatakan...

bisa dibuat bisnis catering tuh...hmmm..enakkk(duitnya),hahahahah....