20 Mar 2010

Kepiting Bikin Pusing

Jalan-jalan dan berwisata kuliner memang menjadi hobbyku dan suami, kalau suasana hati sedang nggak enak pasti maunya pergi jalan-jalan.
Biasanya sih kalau keluar rumah bawaannya kepengen makan di luar juga, jajanan di Bandar Lampung sebagian besar sudah kami coba.
Mulai dari sate, bakso yang paling enak, empek-empek, martabak, rujak cingur,mie goreng, nasgor, rawon dan lain-lain.

Sekali waktu penasaran juga mau makan kepiting yang katanya enak banget. Meluncurlah ke daerah Teluk Betung cari-cari seafood.
Ada macam-macam, tapi berhubung niatnya mau makan kepiting ya akhirnya kepiting saus tiram yang dipesan. Ternyata seporsi isinya banyak banget, liatnya sampe perut mual dan sangsi bisa ngabisin. Makannya juga agak ribet, harus gigit-gigit cangkang, terus dihisap, pokoknya berantakan deh.
Setelah dicicip malah gak terasa tau-tau sudah ludes.

Awalnya enak dan nggak ada masalah apa-apa, lama-lama koq kepala jadi berat dan terasa pusing.
Duuuh... aneh banget, ada apa ya ??
Apa keracunan kepiting, langsung pulang ke rumah takut kenapa-napa.
Untungnya efek pusing nggak berlanjut sampai parah.

Dua minggu kemudian jadi ketagihan lagi mau menyantap kepiting, jalan lagi ke Teluk, tapi kali ini pesan buat dibawa pulang. Sambil nunggu dimasakin, aku curi-curi lihat cara masaknya, bumbunya apa aja, biar nanti bisa masak sendiri di rumah.
Masaknya khan di luar jadi kita bisa liat sendiri.

Pas jalan-jalan ke Pantai Mutun, mampir ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) sengaja mau cari kepiting lagi, tapi kali ini niat mau masak sendiri. Kalau beli di TPI bisa minta tolong yang jual untuk bersihin sekalian.
Lumayan sih beli 1 kg jadinya sewajan besar, cukup untuk bertiga.
Bumbunya nyontek waktu beli kepiting saus tiram tempo hari.
Asal aja sih, takarannya direka-reka dan ditambah sendiri sesuai selera kita, bumbunya pakai:
1. Cabai merah 10 buah
2. Jahe 2 cm
3. Bawang merah dan putih masing-masing 5 siung
4. Saus tiram 2 sdm
5. Garam dan gula putih secukupnya
6. Kepiting, sengaja nggak pake telur biar nggak terlalu amis.
7. Lada sedikit
Cara masaknya:
Semua bumbu digiling halus, lalu ditumis, setelah harum masukkan kepiting beri air secukupnya.
Aduk-aduk sebentar sampai mendidih, siap dihidangkan.

Tapi maaf ya nggak ada fotonya, keburu ludes sebelum difoto.
Kalau mau coba sah-sah aja koq, awas jangan keenakan makan kalau banyak-banyak kepala jadi pusing, belum cari tahu kenapa bisa begitu.

4 komentar:

aaSlamDunk mengatakan...

yahh kepiting?

yg lebih menantang lagi ada gak?
buaya gitu kek hehehee...

tapi patut dicoba tuh...
*buka dompet*

Cinta Dewi mengatakan...

Waah... blm punya nyali nyobain buaya...
Kl Slam pnya pengalaman blh bagi2... Makasih ya komentnya..

Fais cWaKep mengatakan...

hmhmhmhm.....

P@K SIS mengatakan...

Dasar ibu ibu .....kalau udah merasakan masakan yang uenak..maunya tahu bumbunya apa yaah????
Kalau semua ibu seperti ini dan pinter pinter masak ..wah wah wah bisa kagak laku lagi tuh bakulnya sea food...kakakakakakakakakakak
Semangat selalu bu...