11 Sep 2010

Kehamilan

Berhubung sedang bahagia menunggu kelahiran kelahiran calon anak ke-2, maka saya sempat off lumayan lama dari kegiatan menulis blog "Pelangi Dewi" dan blogging ke blog teman-teman blogger yang lain.
Untuk mengobati kerinduan maka saya ingin mencoba berbagi kebahagiaan dengan cara berbagi cerita seputar kehamilan. Mungkin kurang menarik untuk pembaca yang masih lajang, tapi untuk sekedar tahu nggak ada salahnya.

1. Terjadinya Kehamilan

Ketika seorang wanita yang sedang dalam masa subur melakukan hubungan seksual dengan pasangannya, kemungkinan akan terjadi pertemuan sel sperma dengan sel telur yang sudah matang (pembuahan).
Pembuahan terjadi di dalam saluran indung telur, kemudian akan menuju ke dalam rahim.

2. Gejala Awal Kehamilan

Ada banyak gejala awal kehamilan yang umum terjadi, apabila anda ragu apakah sedang hamil atau tidak, coba perhatikan gejala-gejala berikut ini:

a. Terlambat atau Tidak Haid (Amenorrhoea)
Jika biasanya siklus haid teratur lalu mendadak berhenti, ada kemungkinan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Namun ada juga kemungkinan haid mendadak berhenti karena dipengaruhi hal lain, misal karena konsumsi obat tertentu atau karena perubahan emosi.

b. Mual dan Muntah
Tanda ini dikenal dengan morning sickness, sebab biasanya mual dan muntah sering dirasakan pada pagi hari saat bulan-bulan pertama kehamilan.

c. Sering Buang Air Kecil
Keinginan untuk buang air kecil terjadi karena kandung kemih tertekan oleh rahim yang membesar.

d. Susah Buang Air Besar
Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormon progesteron yang membuat usus bekerja lebih lambat, sehingga sisa kotoran sulit keluar.

e. Mengidam
Biasa terjadi pada bulan-bulan pertama kehamilan, bisa berupa keinginan untuk menyantap makanan tertentu, gejalanya dapat berupa mual, pusing bahkan muntah.

f. Payudara Membesar
Terjadi karena meningkatnya hormon kehamilan yakni hormon progesteron dan estrogen yang dapat mempengaruhi perkembangan kelenjar susu.

g. Kram Perut
Hal ini sering terjadi pada awal kehamilan, namun bisa juga berlangsung sampai trimester kedua.

h. Cepat Lelah
Jika terjadi kelelahan sebaiknya tubuh jangan dipaksakan, segeralah mengambil posisi santai untuk beristirahat.

3. Cara Memastikan Kehamilan

a. Menggunakan alat test kehamilan yang dapat dengan mudah dilakukan sendiri di rumah.
b. Menguji kehamilan di laboratorium dengan tes urine maupun tes darah.
c. USG

Jika ternyata anda sudah positif hamil, siapkan diri untuk menyambut kehadiran si kecil dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi baik untuk perkembangan janin, menciptakan gaya hidup sehat yang bebas alkohol dan rokok, hindari stress, jauhi obat-obatan, istirahat yang cukup dan selalu memeriksakan kehamilan secara teratur untuk memantau perkembangan janin.

Tidak ada komentar: