Rabu, September 15

Perkembangan Kehamilan Dari Bulan Ke Bulan

Mengikuti perkembangan janin di dalam rahim dari bulan ke bulan sangatlah mengasyikkan dan menyenangkan.
Masa sembilan bulan kehamilan terbagi atas tiga fase yang diistilahkan trimester atau masa setiap tiga bulan. Maksud dari pembagian fase ini adalah untuk mempermudah pembahasan dalam perubahan yang dialami sang ibu dan juga bayinya. Sebab ada karakteristik yang menonjol pada tiap-tiap fasenya.

Trimester pertama dihitung sejak menstruasi terakhir sampai kehamilan mencapai usia 3 bulan atau kira-kira 14 minggu.
Trimester kedua dihitung saat menginjak bulan keempat hingga bulan keenam (kehamilan berusia sekitar 27 minggu).
Trimester terakhir atau ketiga berawal dari kehamilan bulan ke 7 hingga sebelum melahirkan (sekitar minggu ke 38).

Berikut ini akan saya tuliskan tentang hal-hal yang biasa terjadi pada ibu hamil dan janin yang dikandungnya dari awal masa kehamilan sampai melahirkan.

A. BULAN PERTAMA

Pada bulan pertama kehamilan, ibu belum merasakan apa-apa. Sebab pada masa ini sel sperma dan sel telur yang bertemu sedang dalam tahap pembuahan. Sel sperma yang membawa kromosom akan berbaur dengan 23 kromosom yang dibawa sel telur (ovum). Kedua informasi itu menyatu untuk menentukan warna kulit,jenis kelamin, bentuk rambut apakah mengikuti ayah atau ibunya dan sebagainya.

Sel hasil pembuahan masih berbentuk blastokista, sel ini sudah membagi dirinya untuk menjadi bakal plasenta dan janin. Kumpulan luar sel blastokista yang berbentuk seperti akar bernama sel-sel villi yang nantinya akan menanamkan dirinya dalam rahim.
Setelah terjadi pembuahan akan ditandai dengan berhentinya menstruasi.
Sampai pada akhir bulan pertama nyaris tidak ada keluhan fisik, meskipun pada beberapa wanita ada yang mengalami cepat merasa kelelahan.

B. BULAN KEDUA

Pada bulan kedua, biasanya mulai ada tanda-tanda awal kehamilan yang mudah dikenali, antara lain:
1. Cepat merasa lelah
2. Mual disertai muntah atau tanpa muntah
3.Payudara lebih sensitif terutama bagian aerola (puting).
4. Mengidam untuk memakan atau melakukan sesuatu
5. Sering buang air kecil yang disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kandung kemih.

Gejala-gejala awal ini kadang tidak dirasakan oleh seseorang yang sedang hamil, beberapa bahkan tidak merasakan muntah atau mual sampai waktunya melahirkan, sehingga ada yang tidak sadar kalau sebenarnya dirinya sedang hamil.

Perkembangan janin pada awal minggu ke-5, bentuk embrio masih menyerupai huruf C.
Baru pada awal minggu ke-7, kelompok sel pembentuk tulang bekerja membentuk tunas-tunas.
Otak mulai terbentuk dan berkembang sangat cepat, bakal jantung mulai berdenyut dan saluran pencernaan mulai terbentuk.
Pada minggu ke-8 bakal kaki dan tangan semakin berkembang, lengan terbentuk,lekukan jari-jari mulai terlihat, tunas kaki baru muncul saat tunas tangan mulai membentuk bahu dan lengan pada minggu ke-8.

C. BULAN KETIGA

Saat bulan ke-3 rahim mulai membesar, dengan membesarnya rahim akan timbul beberapa ketidaknyamanan, keluhan nyeri pinggang mulai terasa meski tidak seberapa dibanding bulan-bulan yang berikutnya.

Didalam rahim, si kecil sedang belajar mengembangkan kemampuan untuk bernapas dan makan.
Organ-organ pencernaan dan pernapasan berkembang dan belajar menjalankan fungsinya.
Ginjalnya mulai dapat memproduksi urine sebagai produk buangan, saluran pencernaanpun mulai menyerap glukosa secara aktif, ditunjang dengan kelenjar ludah yang mulai berfungsi dan tumbuhnya pengecap pada lidah.
Dalam bernapas paru-parunya mulai berfungsi meski belum dapat dikatakan sempurna. Ketuban masih terhirup paru-paru dalam proses belajar, tapi langsung dikeluarkan kembali. Si kecil juga mulai cegukan sebagai salah satu cara melatih otot-otot organ pernapasan.

Pada bulan ini juga lekukan jari-jari ditangan semakin jelas, saat di USG terlihat si kecil sedang menghisap jari mungilnya.
Dia juga semakin aktif bergerak dan berpindah posisi.
Otaknya berkembang dengan pesat tapi proporsi kepala dan badan belum seimbang pada bulan ini.

D. BULAN KEEMPAT

Pada bulan-bulan ini bersiaplah untuk membeli baju khusus hamil, sebab perut semakin terlihat membesar, kondisi kehamilan berbeda pada tiap orang, hal ini dipengaruhi beberapa faktor, antara lain sudah pernah hamil atau belum dan pola makan.

Wajah janin semakin mendekati kesempurnaan, selain ditunjang dengan perkembangan otot yang membungkus wajah, si kecil juga mulai belajar berekspresi, seperti mulut dimanyunkan, tersenyum, meringis dan menggerakkan bola matanya.
Tubunya mulai ditumbuhi rambut-rambut halus yang berfungsi untuk mengikat semacam lemak yang dihasilkan sebelum kelahiran, lemak ini sendiri berguna sebagai pelumas sakaligus melindungi kulit bayi dari gesekan.

E. BULAN KELIMA

Yang paling membahagiakan pada bulan kelima adalah sang ibu dapat merasakan gerakan yang dilakukan janin di dalam perutnya. Hal ini umum demikian meskipun kenyataannya setiap wanita berbeda dalam merasakan hal tersebut.
Ada beberapa janin yang cenderung tidak banyak bergerak, tapi ada juga yang sangat aktif sehingga ibu akan merasakan tiap gerakan janin kapan dan dimanapun.
Pada awalnya gerakan janin sangat halus, lebih mirip sesuatu yang sedang berambat di dalam pencernaan, lalu gerakannya mulai bervariasi, sensasinya serupa kita melewati gundukan kecil semacam polisi tidur atau benjolan.

Seiring berkembangnya tulang-tulang pendengaran, bagian otak yang berfungsi untuk menerima dan memproses sinyal pendengaran mulai berfungsi.
Si kecil mulai mendengar, meski itu adalah suara-suara yang berasal dekat dengan dirinya, seperti aliran darah dan detak jantung ibunya.
Tetapi seiring bertambahnya usia, dia akan semakin mahir menangkap suara di luar dirinya, terutama suara yang keras semacam teriakan, bantingan pintu atau suara mesin motor.

Sangat dianjurkan untuk memperdengarkan musik klasik pada janin yang diyakini dapat meningkatkan kecerdasan otak si kecil, meskipun jenis musik lain juga tidak dilarang, kecuali musik rock atau yang berirama cepat, sebab dapat menyebabkan stress dan kegelisahan janin.

F. BULAN KEENAM

Memasuki bulan keenam, biasanya sang ibu cenderung merasa selalu lapar, berhati-hatilah dengan makan yang banyak mengandung garam karena akan meningkatkan resiko hipertensi.
Mendekati trimester ketiga, keluhan sakit kepala mulai muncul, juga nyeri pinggang dan kram atau bengkak pada kaki.

Semakin hari organ-organ pencernaan si kecil semakin sempurna. Pada bulan ini janin belajar menelan ketuban,yang sebagian diserap seperlunya sedangkan sisanya dibuang.
Proses ini dalam rangka membantu pencernaannya agar siap menerima makanan dari luar tubuhnya (ASI) pada awal masa kelahiran.
Salah satu hasil kerja awal pencernaannya adalah mekonium, yaitu tinja janin pertama yang dapat ditemui di usus bayi, substansi kehijauan sampai coklat muda ini terus disimpan di dalam usus dan baru dikeluarkan menjelang kelahiran atau beberapa saat setelah dia lahir.

G. BULAN KETUJUH

Masalah yang menghampiri ibu hamil pada bulan ini masih berkisar pada nyeri pinggang, pembengkakan kaki, serta bertambah gemuk. Selain itu rahim yang semakin membesar membuat sesak napas sering menghampiri.

Sedangkan perkembangan otak si bayi semakin sempurna dan meningkat drastis, rambutnya tumbuh semakin panjang, alis terbentuk jelas.
Tubuhnya berangsur bertambah gemuk dengan penumpukan lemak di bawah kulitnya. Dengan kondisi ini bayi dapat mempertahankan panas tubuhnya jika sewaktu-waktu terpaksa lahir prematur.
Selain itu, organ pendengaran juga mulai terbentuk sempurna, daun telinga semakin terlihat bentuknya.
Dengan semakin terlatihnya oto-otot dan fungsi vital lainnya, janin semakin aktif dalam mencoba berbagai gerakan.

H. BULAN KEDELAPAN

Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami peningkatan ketidaknyamanan , baik dari segi fisik maupun psikis.
Dari segi fisik dikarenakan semakin membesarnya perut serta persiapan-persiapan lain oleh tubuh menjelang melahirkan.
Ketidaknyamanan secara psikis biasanya disebabkan oleh ketidaksabaran untuk segera menimang bayi, terutama bila yang dikandung adalah anak pertama, kekhawatiran akan kesehatan dan ketidakmampuan untuk merawat bayi setelah lahir.

Dalam bulan ini, semua proses perkembangan janin nyaris selesai. Organ-organ vital seperti jantung, telah bekerja meski ada juga beberapa yang ditunda hingga saat kelahiran, misalnya sistem pencernaan dan paru-paru.

I. BULAN KESEMBILAN

Seiring semakin membesarnya perut, ibu hamil juga akan mengalami penambahan kesulitan dalam beraktivitas.Bahkan saat tidur sekalipun.

Tengkorak kepala bayi yang terdiri atas beberapa lempeng pada bulan ini belum tersambung secara sempurna, terutama di daerah ubun-ubun kepala. Tulang pembentuknyapun belum mengeras sempurna, hal ini bukan tanpa maksud, karena dengan kondisi yang masih sedikit elastis seperti itu akan memudahkan janin untuk keluar pada saat kelahirannya.

Selanjutnya adalah tinggal mempersiapkan mental, fisik dan material untuk menyambut kehadiran si kecil ke dunia.

4 komentar:

Aisy mengatakan...

wis lahir opo durung Mbak, si kecile sampean?

Pelangi Dewi mengatakan...

belum mas.... yg diperut br mo jalan 6 bulan...

ipoel mengatakan...

wah,,bisa buat sangu kalo bsok dah nikah neh..haha
matur nuwun infonya mbak,,

Sandy mengatakan...

Wah..kreatif ibu satu ini..msh sempat meski repot.