22 Feb 2010

Hati-Hati Hepatitis

Adik tersayang terpaksa dirawat di Rumah Sakit karena terjangkit Hepatitis, mengilhamiku untuk menulis tentang penyakit ini.
Aku yang semula buta tentang hepatitis, kecuali sekedar tahu artinya akhirnya berusaha mau tahu dan mencari tahu apa sih hepatitis itu ?

Istilah hepatitis yang artinya peradangan pada hati karena berbagai sebab antara lain infeksi virus, obat-obatan dan alkohol.
Sedangkan menurut sifatnya terbagi 2 menjadi hepatitis akut ialah hepatitis yang terjadi kurang dari 6 bulan, dan hepatitis kronis yaitu hepatitis yang terjadi lebih dari 6 bulan.

Dari pemeriksaan laboratorium di Rumah Sakit, diketahui adikku terjangkit hepatitis A, yang relatif lebih ringan dari hepatitis B dan C.
Gejala awal yang dialami penderita adalah demam, lemah, cepat letih dan muntah-muntah.
Pada tahap lebih lanjut kulit dan mata menjadi kuning, urine berwarna lebih tua seperti teh yang pekat dan tinja berwarna pucat.

Pencegahan penyakit ini adalah dengan menjaga sanitasi lingkungan, hygienitas makanan dan perilaku hidup bersih, seperti mencuci tangan sebelum menyentuh makanan.
Jangan mengkonsumsi air yang belum dimasak, karena hepatitis A sangat mudah menular melalui makanan dan air yang terkontaminasi faeces penderita.

Sedangkan pada hepatitis B dan C ditularkan melalui media darah, jarum suntik yang dipakai bergantian dan aktivitas sexual.

Hepatitis A jarang menimbulkan kematian dan tidak menjadi kronik, sebagian penderita mengalami penyembuhan sendiri secara sempurna diiringi istirahat yang cukup dan gizi yang baik. Sedangkan hepatitis type yang lain berpotensi menyebabkan gangguan hati lebih lanjut seperti pengerasan hati (sirosis) dan kanker hati.

Waspadai juga penggunaan obat-obatan tertentu yang berpotensi merusak hati, biasanya kalau kita membeli obat bebas di warung atau apotik pasti ada peringatan tertulis " Dalam penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan hati".
Jadi mulai sekarang jangan sembarangan minum obat.

Sekedar berbagi informasi yang singkat ini saja agar kita tahu dan menjadi tambahan pengetahuan supaya kita lebih berhati-hati, serta menjaga anggota keluarga kita bahwa penyakit bertebaran dimana-mana.
Bersama-sama kita perbaiki kwalitas hidup yang bersih dan sehat.
"Kebersihan itu sebagian dari Iman".

3 komentar:

Mif on the duty mengatakan...

wah,semoga cepat sembuh ya hepatitisnya,hati-hati dgn makanan yang ngga bersih cz sarang penyakit,n setahu saya,kalau kurang tidur juga rawan penyakit hepatitis...

Cinta Dewi mengatakan...

Makasih ya...
Iya kondisi kurang fit, sering kehujanan dan telat makan. Jadi sakit deh adik..

Fais cWaKep mengatakan...

smoga cpat smbuh ya adik'y...