25 Jan 2024

Penyelidikan Epidemiologi DBD

Januari identik dengan musim penghujan, sampai-sampai ada singkatan lucu-lucuan tentang nama Januari, kata orang Januari itu hujan turun tiap hari. Hahhaha.. tapi bener lho gaess.. awal 2024 diikuti dengan hujan hampir tiap hari. 

Tau kaan.. kalau berbarengan dengan musim penghujan itu, ada bahaya yang mengintai kita. Siapa lagi kalau bukan si Aedes Aegypti, si mungil penular Demam Berdarah Dengue. 

Naah.. mulai siap-siap deh para petugas, jika dapat informasi tentang adanya kasus DBD, langsung gercep ditindak lanjuti dengan melakukan PE (penyelidikan epidemiologi).

PE itu ngapain aja sih?

Yuuuk deh, aku bantuin jelasin. PE itu adalah suatu penyelidikan yang dilakukan untuk mengenal sifat-sifat penyebab, sumber dan cara penularan serta faktor yang dapat mempengaruhi timbulnya wabah. Dalam hal ini, petugas akan mencari sumber perkembangbiakan jentik nyamuk di lingkungan dalam dan luar pada rumah kasus. Eeeits bukan cuma rumah kasus aja ya, tapi radius 100 meter dari rumah kasus juga dilacak. 

Selain itu, petugas juga mencari informasi apakah ada penderita DBD lainnya dalam kurun waktu yang berdekatan. Ataupun adanya penderita-penderita panas tanpa sebab lainnya. 

Tidak lupa pastinya, petugas akan membagikan bubuk abate kepada yang memerlukan, dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dan cara pencegahan DBD. 

Yang gak boleh ketinggalan, petugas harus langsung mencatat hasil PE pada formulir PE sambil cekrak cekrek buat foto dokumentasi donk. Jangan lupa senyuuum yaa.. bunciiiisss.. ☺️











0 komentar: